Share

4 Tips Pilih Makanan Awetan, Solusi Kenyang saat Darurat

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 13 Juni 2022 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 13 298 2610910 4-tips-pilih-makanan-awetan-solusi-kenyang-saat-darurat-bTxALzR4Cn.jpg Ilustrasi Makanan Kemasan. (Foto: Shutterstock)

FROZEN food atau mungkin makanan awetan memang menjadi kuncian, ketika sudah kehabisan lauk di rumah. Makanan awetan memang dipilih karena keawetan yang tinggi dan bisa diolah serta dimasak kapanpun.

Tapi, ada tata caranya sebelum memilih makanan awetan yang biasanya ada di dalam kemasan. Lantas, bagaimana sih cara yang dapat dilakukan dalam memilih makanan awetan? Berikut seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Lebih baik cari yang BPA Free

Cari label โ€˜BPA Freeโ€™ pada makanan awetan dalam kemasan Anda. Sebab, BPA dikenal sebagai pengganggu endokrin. Agar lebih mudah, Anda bisa membeli makanan awetan yang dikemas dalam stoples kaca.

Makanan Kemasan

Daftar ingredients

Cara yang dapat dilakukan dalam memilih makanan awetan berikutnya yakni melihat daftar ingredients atau bahan makanan. Hindari makanan awetan yang terlalu banyak MSG, gula tambahan, dan pemanis buatan.

Perhatikan kemasan

Dalam memilih makanan awetan, sebaiknya Anda melihat kemasan yang digunakan. Makanan awetan yang baik memiliki kemasan yang bagus, kokoh, tidak rusak, sehingga menjaga kualitas makanan di dalamnya. Hindari makanan awetan yang kemasannya rusak, penyok, atau sobek.

Perhatikan tanggal kadaluwarsa

Kemudian, yang tak kalah penting adalah melihat tanggal kadaluwarsa. Ini penting agar Anda tidak membawa pulang atau memasak makanan basi. Sebaiknya, pilihlah makanan awetan yang tanggal kadaluwarsanya tidak berdekatan.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini