Share

Dorong Kepercayaan Diri Anak, Coba Deh Ajak Mereka Belajar Piano

Tim Okezone, Okezone · Senin 13 Juni 2022 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 13 612 2610673 dorong-kepercayaan-diri-anak-coba-deh-ajak-mereka-belajar-piano-lt9ryqQWfz.jpg Ilustrasi Anak Bejalar Piano. (Foto: Freepik)

BERLATIH alat musik memang membuat bisa membuat seseorang memiliki skill bermusik. Berlatih alat musik pun bisa memberikan efek positif bagi perkembangan otak anak kita. Nah, salah satu alat musik yang dapat mendukung perlembangan anak adalah piani.

Dari sekian banyak jenis les, les piano menjadi salah satu kegiatan yang cukup popular diberikan orangtua kepada anaknya. Manfaat belajar piano sangat baik untuk tumbuh kembang anak, lho. Berbagai kemampuan seperti kedisiplinan, konsentrasi, bertahan di bawah stres, kemampuan mengingat, dan lainnya akan menguntungkan anak sepanjang hidupnya.

Ketika ia tampil di muka umum sambil memainkan piano, hal ini juga dapat menumbuhkan rasa percara dirinya. Kemampuan fokus dan mendengarnya pun terlatih. Berikut berbagai manfaat belajar piano untuk anak:

Mengembangkan Kepercayaan Diri

Pada anak-anak yang mulai belajar piano, terdapat peningkatan rasa percaya diri yang drastis setelah beberapa tahun setelahnya. Anak menjadi tertarik dengan musik dan berkembang bersama kepercayaan dirinya. Semangat dan keinginan anak untuk tampil juga dapat membawa perubahan positif. Sebelum belajar piano, mungkin ia seorang yang pemalu. Setelah les piano, rasa PD bisa perlahan meningkat.

Mendapatkan Kemampuan Baru

Kepercayaan diri yang baik dalam kemampuan bermusik juga membawa anak untuk mendapatkan pengalaman yang positif di sekolah. Belajar suatu kemampuan dalam hidup, seperti memainkan alat musik, dapat memengaruhi performa anak menjadi lebih baik di sekolah. Jadi, jangan ragu untuk memperkenalkan anak dengan kemampuan baru. Karena, hal tersebut bisa menjadi “aset berharga” yang bermanfaat.

Piano

Meningkatkan Performa Belajar

Anak-anak yang telah belajar kemampuan berirama memiliki kemampuan akademik yang lebih baik di sekolah usia dini. Lalu, anak yang mengambil les musik juga memiliki kemampuan memori verbal yang lebih baik dibandingkan yang tidak. Pelajaran tertentu pun lebih mudah diterima di sekolah. Ketika les musik, anak juga terlatih untuk fokus dan belajar hal baru. Hal ini merupakan manfaat bermain piano yang baik, misalnya dari pemahaman not balok, ketukan, dan sebagainya.

Meredakan Stres

Terdapat berbagai studi yang menunjukkan manfaat bermain piano untuk anak. Anak yang rutin main piano dinilai cenderung lebih sedikit mengalami rasa cemas dan depresi, serta kesehatan mental lebih baik secara umum. Pasalnya, memainkan piano membuat anak memiliki suatu kegiatan untuk melepas stres dan berada dalam keadaan yang tenang, juga meningkatkan rasa optimis.

Memperbaiki Kesehatan Fisik

Tahukah Anda? Manfaat belajar piano adalah meningkatkan koordinasi mata dengan tangan, serta kemampuan menggunakan alat dengan tangan, misalnya sumpit. Belajar piano juga menggunakan kemampuan motorik halus yang akan semakin membaik ketika anak bertambah usia bahkan hingga dewasa.

Belajar Menerima Kritik

Saat belajar suatu instrumen baru, anak secara alami akan mendapat pujian dan juga kritik yang membangun. Hal ini penting dalam pembentukan mentalnya. Pada tiap aspek kehidupan, akan terdapat kritik yang membangun. Ini menjadi suatu cara untuk melatih anak bagaimana cara menerimanya dengan positif.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Memperbaiki Konsentrasi

Memainkan piano menggunakan konsentrasi fisik maupun mental secara bersamaan. Meski akan sulit di awal, menggunakan kedua konsentrasi ini dengan konsisten akan menjadi semakin mudah. Seiring berjalannya waktu, anak akan terbiasa dengan kemampuan konsentrasi tersebut. Nah, hal ini dapat membantunya di berbagai bidang dalam kehidupan.

Anak pun biasanya mulai belajar piano di usia 7-8 tahun. Apabila anak Anda punya fokus yang lebih baik, belajar piano dapat dimulai lebih dini misalnya 5 tahun. Anak yang mulai belajar piano di usia 5 tahun relatif lebih mudah menangkap konsep lagu. Ia juga cenderung mampu belajar lebih cepat dibandingkan anak yang lebih tua.

Di usia 7-8 tahun, anak pada umumnya sudah mampu duduk tenang dan berkonsentrasi, serta memiliki ukuran tangan yang cukup besar untuk menggapai tuts piano. Pada usia 8 tahun, anak biasanya telah memiliki kemampuan penalaran abstrak yang dibutuhkan untuk membaca not balok.

Bisakah baru belajar piano saat dewasa? Bisa! Orang dewasa yang belajar piano dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan sendinya. Ketika belajar piano, fungsi otak semakin membaik. Manfaat bermain piano ini ditemukan dapat mencegah demensia Alzheimer.

Itulah manfaat bermain piano untuk anak maupun orang dewasa. Berikanlah anak suatu “hadiah” yang akan bermanfaat sepanjang hidupnya! Yuk, cari tahu info tumbuh kembang anak lainnya lebih lengkap di aplikasi KlikDokter. Ayah dan Bunda juga bisa konsultasi dengan dokter anak dan psikolog di LiveChat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini