Share

Anak Hendak Disunat? Orang Tua Wajib Beri Edukasi dan Motivasi

Syifa Fauziah, Okezone · Senin 13 Juni 2022 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 13 612 2610728 anak-hendak-disunat-orang-tua-wajib-beri-edukasi-dan-motivasi-SgpNFtBwgt.JPG Ilustrasi ayah dan anak (Foto: Freepik)

SUNAT atau khitan umumnya jadi bagian salah satu fase yang wajib dilakukan oleh laki-laki sebelum akhir baligh. Selain menjalankan aturan agama Islam, khitan atau sunat sendiri sebagai salah satu upaya untuk menjaga kesehatan.

Tidak bisa ditampik, faktanya kita sering sekali mendapati masih banyak anak-anak yang takut saat disunat. Ketakutan yang muncul akibat berbagai alasan, salah satunya bisa karena mendengar cerita dari teman atau saudara kalau sunat itu menyakitkan dan menakutkan.

Maka dari itu, jika anak hendak disunat, orang tua pun harus melakukan berbagai persiapan. Founder Klinik Rumah Sunat, dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS mengatakan penting sekali orang tua memberi edukasi kepada anak-anaknya perihal proses khitan itu sendiri.

“Buat saat ini yang penting harus edukasi anak atas kesadaran dia. Sehingga ketika mengalami rasa sakit dia sudah paham,” ucap Dokter Mahdian dalam konferensi pers “Pengenalan Teknologi dr.M Optical Maser Hanya Dalam Waktu 3 Menit”, di Jakarta, Senin (13/6/2022).

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Menurutnya saat ini banyak orang tua yang memaksakan anaknya untuk disunat karena alasan perayaan atau karena momentum libur sekolah. Orang tua juga diimbau, untuk jangan pernah memaksa anak untuk disunat. Biarkan anak untuk menyiapkan mentalnya sendiri.

“Agak unik karena objek sunatnya anak, tapi yang mau orang tuanya. Sebaiknya buat anak mau dan termotivasi,” tambahnya.

Dokter Mahdian kembali mengingatkan, sebaiknya beri video edukasi tentang sunat kepada anak. Ceritakan hal positif tentang sunat yang aman dan nyaman, agar anak bisa mengerti dengan baik. Misalnya, menceritakan bahwa saat ini proses sunat sudah lebih nyaman sehingga bisa meminimalisasi rasa sakit.

“Saat ini juga sudah banyak klinik yang memiliki pelayanan sunat yang nyaman dan sudah maju, terutama di kota-kota besar. Banyak juga dokter yang ditraining sunat gimana cara menganastesi yang tepat sehingga sunat lebih nyaman untuk anak-anak,” tutup dr. Mahdian.

BACA JUGA:Baru Sebulan Anak Kedua Raffi Ahmad Sudah Disunat, Kenali Manfaatnya bagi Kesehatan

BACA JUGA: Pentingnya Kontrol Pasca-Sunat Menurut Dokter Bedah Syaraf

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini