Share

Budaya Modern Makin Eksis, Koreografer Rosmala Sari Ajak Pemuda Tak Lupakan Tari Tradisional

Ayu Utami Anggraeni, Jurnalis · Senin 13 Juni 2022 18:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 13 612 2610824 budaya-modern-makin-eksis-koreografer-rosmala-sari-ajak-pemuda-tak-lupakan-tari-tradisional-U71i8WVX22.jpg Podcast Aksi Nyata Perindo (Foto: YouTube/Partai Perindo)

KOREOGRAFER profesional, Rosmala Sari Dewi giat mengenalkan dan mengembangkan budaya tradisional Indonesia, khususnya seni tari.

Perempuan yang akrab disapa Mala ini berkecimpung di dunia seni tari sejak kecil bahkan ia juga mengenyam pendidikan sampai S3 dengan mengambil jurusan seni tari.

Podcast Aksi Nyata Perindo

Sebab bagi Mala pendidikan merupakan hobi apalagi jika itu berkaitan dengan menari. Hal tersebut ia sampaikan dalam Podcast Aksi Nyata 'Membanggakan, Tetap Eksis Menjadi Koreografer Tari Tradisional di Tengah Gempuran Budaya Modern'.

"Buat aku pendidikan itu kayak hobi, jadi kalau dengan nari itu hidup. Jadi itu udah kayak kebutuhan buat aku karena ilmu tidak pernah mati sama kayak zaman," ujar Rosmala Sari Dewi dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Senin (13/6/2022).

Mala juga tidak memungkiri bahwa adanya perkembangan teknologi dan zaman, membuat pemuda jadi lebih kreatif dengan mencampurkan tarian tradisional dengan tarian modern.

BACA JUGA : Podcast Aksi Nyata: Ini Rahasia Food Vlogger Tetap Langsing Meski Doyan Makan

Meski begitu ia merasa setuju-setuju saja dengan hal itu karena itu bagian dari bentuk kreativitas seseorang.

"Aku rasa sangat setuju dan bangga, karena itu kreativitas, kan mereka berimajinasi," kata Rosmala Sari Dewi.

Meski begitu perempuan berusia 36 tahun ini mengatakan alangkah lebih baik pemuda Indonesia tidak melipat tari tarian tradisional. Sebab bagaimanapun tari tradisional merupakan sebuah warisan dari nenek moyang kita.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

"Menari apapun sah sah aja. Mau modern, kontemporer, atau balet atau K-Pop tapi kalau kamu dengan tradisional itu sangat keren unik dan kaya," terang Rosmala Sari Dewi.

Mala menambahkan, jika kamu ingin hidup dengan menari kamu harus membangun rasa disiplin yang tinggi dan tinggalkan jauh-jauh rasa malas.

"Gimana kamu bisa jadi hidup dengan menari? kalian harus konsisten, disiplin, pesan aku jangan pernah malas karena tidak ada sesuatu yang tidak mungkin," tambah Rosmala Sari Dewi.

"Buat aku tari tradisional itu kayak titipan, ini loh nenek moyang kita warisan yang sangat besar yang bisa membanggakan semua orang di Indonesia dan di mancanegara," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini