Share

4 Makanan Kaya Vitamin B6, Penting untuk Perkembangan Otak!

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 14 Juni 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 14 298 2611533 4-makanan-kaya-vitamin-b6-penting-untuk-perkembangan-otak-kToxADdisu.JPG Buah plum merah (Foto: Freepik)

ASUPAN vitamin sangat penting untuk kesehatan organ tubuh secara menyeluruh. Bukan hanya vitamin C, D, K, atau E yang selama ini sangat familiar di kalangan masyarakat awam.

Vitamin penting bagi tubuh ini pun termasuk vitamin B6 yang juga dikenal sebagai piridoksin. Tahukah Anda kalau vitamin B6 ini penting untuk fungsi saraf normal, perkembangan otak, pemecahan protein, antibodi, dan produksi hemoglobin.

Nah, mengingat vitamin B6 ini sifatnya larut dalam air, tidak disimpan dalam tubuh dan dibuang keluar dari tubuh melalui urin. Oleh karena itu, tubuh membutuhkan pasokan vitamin ini secara teratur, yang hanya dapat dipenuhi melalui konsumsi makanan yang kaya vitamin ini.

Apa saja makanan kaya vitamin B6 yang salah satu fungsinya penting untuk perkembangan otak? Mewarta Healthsite, Selasa (14/6/2022) yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Kacang-kacangan dan gandum utuh: Kacang-kacangan dan gandum terkenal sebagai sumber serat dan protein. Tapi, banyak orang tidak tahu bahwa kacangan-kacangan dan gandum utuh juga mengandung vitamin B6 dalam jumlah yang cukup baik. Makanan yang mengandung vitamin B6 adalah jagung, gandum, bibit gandum, beras, oatmeal dan sereal yang diperkaya. Jangan lupa masukkan jenis makanan ini ke dalam menu makanan harian Anda ya!

 

(Foto: Freepik)

2. Buah-buahan: Buah seperti pisang, plum, dan alpukat adalah sumber makanan vitamin B6 yang sangat baik loh! Kita bisa dapat dosis vitamin B6 yang direkomendasikan setiap hari, dengan mengonsumsi pisang berukuran sedang atau secangkir plum kering dan alpukat. Dengan cara ini, Anda tidak perlu bergantung pada suplemen karena bisa mendapatkanya dari buah segar langsung.

3. Sayuran: Sumber nabati terbaik vitamin B6 adalah kentang dan ubi jalar. Satu kentang besar menyediakan 1,1 miligram vitamin B6. Sementara 1 cup ubi rebus mengandung 0,6 miligram vitamin B6. Selain kentang dan ubi jalar, bisa juga mengonsumsi sayuran lain seperti bayam, tomat dan kembang kol, karena juga mengandung vitamin B6 dalam jumlah yang cukup banyak.

4. Daging merah dan unggah: Dari lauk, vitamin B6 bisa didapat dari daging merah dan unggas, karena mengandung vitamin ini dalam jumlah yang wajar. Namun, pastikan metode memasak yang digunakan adalah cara yang sehat karena daging yang terlalu matang bisa mengakibatkan vitaminnya hilang dan justru berbahaya bagi tubuh.

BACA JUGA:4 Tips Pilih Makanan Awetan, Solusi Kenyang saat Darurat

BACA JUGA:Cobain 13 Makanan Khas Tasikmalaya yang Bikin Nagih Yuk!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini