Share

Psikolog Ungkap Media Sosial Punya Peran Kunci Seseorang Kecanduan Narkoba

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 14 Juni 2022 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 14 612 2611251 psikolog-ungkap-media-sosial-punya-peran-kunci-seseorang-kecanduan-narkoba-hz4HB82rDu.jpg Ilustrasi Narkoba. (Foto: Shutterstock)

BELAKANGAN ini memang ramai para artis yang terciduk memiliki dan mengonsumsi Narkoba. Alasannya pun berbeda-beda, untuk menambah tenaga hingga menenangkan diri.

Lantas, apakah benar jika kehidupan para entertainer lekat dengan Narkoba? Pasalnya, mereka yang kecanduan Narkoba bukan hanya para selebriti saja. Meskipun para selebriti tersebut memang mendapatkan eksposure lebih besar.

Psikolog dari Universitas Indonesia Kasandra A. Putranto mengatakan bahwa gaya hidup yang buruk dapat menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kecenderungan seseorang untuk menggunakan, bahkan hingga kecanduan narkoba.

"Gaya hidup yang dimaksud adalah gaya hidup yang kacau, misalnya karena pengangguran, kesulitan keuangan, melakukan kejahatan, dan hubungan sosial yang berpusat di sekitar penggunaan narkoba," ujar Kasandra seperti dilansir dari Antara.

Dia menambahkan, jejaring sosial yang dimiliki seseorang juga memainkan peran kunci dalam menentukan jenis gaya hidup yang dijalani. Oleh karenanya, tingkat penggunaan obat-obatan terlarang di jejaring sosial juga dapat mempengaruhi tingkat penggunaan oleh seseorang individu. Selain itu, faktor keluarga juga dapat mempengaruhi.

"Faktor-faktor seperti tekanan teman sebaya, pelecehan fisik dan seksual, paparan dini terhadap obat-obatan, stres, dan bimbingan orang tua dapat sangat mempengaruhi kemungkinan seseorang menggunakan dan kecanduan narkoba," katanya.

"Gejala depresi seperti suasana hati yang buruk juga dapat menyebabkan seseorang menyalahgunakan obat-obatan," tambah dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini