Share

Makanan Khas Kulon Progo yang Wajib Dicoba, Ada Cendol Sambal!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 298 2612049 makanan-khas-kulon-progo-yang-wajib-dicoba-ada-cendol-sambal-c5aibZLfSM.JPG Makanan khas Kulon Progo (Foto: MPI/Sukardi)

KULON Progo tidak hanya indah dari segi alam dan kaya akan budaya. Tapi, juga menawarkan pesona keanekaragaman makanan khasnya.

Bicara soal makanan khas Kulon Progo, Anda akan terkesima dengan cita rasa yang istimewa dan kearifan lokal yang masih terjaga.

MNC Portal berkesempatan untuk mencoba beberapa menu makanan khas Kulon Progo di acara Media Trip with Grand Dafam Siganture International Airport Yogyakarta yang direkomendasikan untuk bisa Anda jajal saat berkunjung ke Kulon Progo.

Bukan hanya enak rasanya, tapi makanan-makanan ini memiliki sejarah yang merepresentasikan kultur masyarakat Kulon Progo. Apa saja makanan khas Kulo Progo yang jangan sampai terlewat tersebut? Mari simak ulasannya di bawah ini, Rabu (15/6/2022).

1. Nuk Santri : Panganan ini punya sejarah tersendiri bagi masyarakat Kulon Progo, khususnya Desa Purwosari. Di balik Nuk Santri, ada kisah bahwa dulunya ada sejumlah prajurit Pangeran Diponegoro yang melarikan ke diri ke Desa Purwosari saat situasi genting kala itu.

"Nuk Santri adalah makanan yang didedikasikan untuk mengenang sebagian prajurit Pangeran Diponegoro yang hidup sederhana," kata Ketua Desa Wisata Purwosari Kiswantoro, saat ditemui MNC Portal di Desa Wisata Purwosari.

Nah, menjadi ciri khas makanan ini adalah tumis pepaya muda yang dimasak dengan bumbu gurih dan pedas. Tak hanya itu, di menu Nuk Santri juga Anda akan dimanjakan lidahnya oleh urap yang menggunakan parutan kelapa muda, telur dan tahu bacem.

"Semua lauk Nuk Santri tidak ada yang digoreng. Itu juga yang membuat makanan khas," kata Kiswantoro.

 

(Foto:MPI/Sukardi)

2. Wedang Uwuh : Minuman ini sebetulnya bisa ditemukan di banyak tempat. Tapi, istimewanya di sini wedang uwuh berasal dari alam Kulon Progo dan menjadi bagian dari bisnis masyarakat. Makanya, Anda bisa temukan wedang uwuh sebagai oleh-oleh dari Kulon Progo.

"Wedang Uwuh biasanya dikonsumsi saat pagi atau malam hari, karena kandungan rempah-rempahnya memberi efek hangat sekaligus menyehatkan," kata Penggiat Wisata Kulon Progo Madun.

 

(Foto:MPI/Sukardi)

3. Geblek dan Sengek: Dua camilan ini juga masuk ke dalam list makanan khas Kulon Progo yang harus dicoba. Geblek sendiri merupakan makanan berbentuk angka 8 warna putih yang terbuat dari pati singkong, sementara sengek adalah tempe yang direbus dengan bumbu. Dua camilan ini biasa dikonsumsi sebagai teman minum teh hangat khas Kulon Progo.

 

(Foto:MPI/Sukardi)

4. Cendol sambal: Panganan berikutnya yang jangan sampai terlewat adalah cendol sambal. Aneh bukan namanya? Tapi, ketika Anda masukkan makanan ini ke lidah, rasa yang tercipta pun juga unik. Cendol yang umum dimakan rasanya manis, tapi di Kulon Progo makanan satu ini justru disulap menjadi kudapan pedas menyegarkan. Unik dan menarik bukan?

 

(Foto:MPI/Sukardi)

BACA JUGA:4 Makanan Kaya Vitamin B6, Penting untuk Perkembangan Otak!

BACA JUGA:4 Tips Pilih Makanan Awetan, Solusi Kenyang saat Darurat

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini