Share

Makanan yang Dianjurkan Dikonsumsi Sebelum dan Sesudah Berenang

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 20:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 298 2612311 makanan-yang-dianjurkan-dikonsumsi-sebelum-dan-sesudah-berenang-ghYkTET3Aa.JPG Berenang (Foto: Freepik)

OLAHRAGA renang memang seru, menyenangkan dan menyehatkan tubuh. Tapi, berenang sesaat setelah makan berat bisa menyebabkan masalah di perut.

Nah, maka dari itu Anda perlu perhatikan apa saja makanan yang boleh dikonsumsi sebelum dan sesudah berenang. Merangkum Timesofindia, Rabu (15/6/2022) berikut uraian singkatnya seperti dijelaskan ahli gizi Pooja Makhija.

A) Sebelum berenang: Sebelum renang, disarankan mengonsumsi makanan ringan saja. Seperti buah, kacang, atau sedikit kafein.

1. Pisang: Sumber potasium yang baik, yang akan membantu meningkatkan energi selama berenang.

2. Telur: Sumber protein yang baik, bisa membantu kita untuk tetap aktif bergerak di dalam air dan sekaligus memberikan energi instan.

3. Bagel : Bagel merupakan sumber karbohidrat yang baik, bisa dimakan bersama sedikit selain kacang untuk tambahan protein.

4. Kafein: Mau minum kopi sebelum renang? Boleh kok! Asal dosis kafeinnya sedikit saja ya! Sedikit asupan kafein bisa membantu menunda rasa lelah saat renang dan meningkatkan kekuatan konsentrasi.

B) Setelah berenang: Pooja menyebutkan, setelah berolahraga renang, metabolisme seseorang meningkat hingga 30 persen. Jadi ini waktu yang pas untuk mencerna makanan berat seperti makan siang atau makan malam.

1. Daging ayam: Lean chicken atau daging ayam minim lemak jadi sumber protein yang baik tanpa harus mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh. Daging ayam ini bisa Anda tumis, panggang, atau dimakan bersama beras coklat.

2. Telur: Telur juga boleh dikonsumsi setelah kita berenang, karena sumber protein satu ini bisa membantu otot-otot recovery sesudah atau sebelum sesi renang.

BACA JUGA:Makanan Khas Kulon Progo yang Wajib Dicoba, Ada Cendol Sambal!

BACA JUGA:4 Makanan Kaya Vitamin B6, Penting untuk Perkembangan Otak!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini