Share

Tips Memilih Stiker Jerawat, Ampuh Gak Sih?

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 611 2612083 tips-memilih-stiker-jerawat-ampuh-gak-sih-1GBkwQzpxN.jpg Ilustrasi Jerawatan. (Foto: Shutterstock)

JERAWAT memang menjadi salah satu masalah kulit yang paling umum. Mereka yang memiliki jerawat pun kerap berusaha menghilangkan si kecil pengganggu ini dengan berbagai cara, baik lewat produk kecantikan maupun dengan obat-obatan herbal.

Banyak produk kecantikan pun berlomba mengadopsi teknologi terbaru, yang membuat perawatan jerawat tidak sulit. Salah satunya yang kini populer adalah stiker jerawat.

Manfaat stiker jerawat atau acne patch memang sudah terkenal dan dianggap efektif dalam membasmi jerawat. Namun, apakah efektivitasnya benar-benar selalu bisa dirasakan setiap orang dengan masalah kulit ini?

Stiker jerawat adalah produk kecantikan berupa stiker kecil bening yang biasa digunakan untuk menutup jerawat atau luka kecil pada wajah. Biasanya, bentuknya bulat dan pipih. Plester jerawat diklaim bisa meredakan peradangan yang terjadi pada jerawat, sehingga nantinya jadi sembuh total.

Namun, benarkah stiker jerawat efektif dalam menyembuhkan jerawat? Nah, sebelum menggunakan plester jerawat ini, ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis plester jerawat.

Acne Patch yang Mengandung Obat

Plester jerawat yang pertama adalah yang mengandung obat. Stiker ini diisi dengan bahan aktif yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan menenangkan peradangan. Bahan aktif yang paling umum dari patch ini adalah asam salisilat dan tea tree oil.

Selain itu, stiker jerawat juga membantu mengurangi bengkak, rasa sakit, kemerahan dan bisa efektif saat mengobati jerawat yang meradang. Bahkan, jenis acne patch ini dapat membantu mengurangi ukuran lesi yang disebabkan oleh jerawat nodular atau kistik.

Jerawat

Acne Patch yang Tidak Mengandung Obat

Acne patch yang tidak mengandung obat adalah nama lain untuk perban hidrokoloid. Ini paling sering digunakan untuk luka pascaoperasi yang bermanfaat dalam membantu mempercepat proses penyembuhan.

Patch ini biasanya sudah dikemas dalam bentuk lingkaran agar sesuai dengan ukuran jerawat. Penampakannya juga sangat tipis dan agak transparan, sehingga kurang terlihat jika dipakai di depan umum. Stiker jerawat ini bekerja dengan mencegah munculnya infeksi, mempercepat pemulihan jerawat, dan mencegah pembentukan bekas jerawat.

Acne Patch dengan Microneedle

Jenis terakhir adalah yang memiliki microneedle atau jarum berukuran kecil pada stiker jerawat. Meskipun ada jarumnya, stiker jerawat jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit.

Acne patch jenis ini juga mengandung obat atau bahan aktif yang nantinya akan membantu penyembuhan jerawat dengan bantuan jarum kecil agar dapat masuk menembus lapisan kulit yang lebih dalam.

Cara pakai stiker jerawat sangatlah mudah. Ini beberapa langkah yang perlu diperhatikan:

Temukan stiker jerawat (acne patch) yang sesuai dengan jenis dan ukuran jerawat.

Bersihkan dan keringkan wajah sebelum menempelkan stiker.

Tempelkan stiker hingga menutupi seluruh bagian jerawat.

Biasanya stiker digunakan di malam hari saat tidur. Bila ingin digunakan saat beraktivitas, pilih stiker yang setipis mungkin agar tampak alami. Pastikan Anda telah membaca instruksi pemakaian dengan teliti.

Stiker jerawat memang bisa membantu meredakan radang pada jerawat, tapi tidak semua jenis jerawat bisa diatasi dengan hanya menggunakan stiker jerawat. Plester ini ditujukan hanya untuk mengobati jenis jerawat ringan, bukan jerawat yang meradang, bernanah, bahkan sampai berbintil.

Selain itu, stiker jerawat berfungsi sebagai penutup jerawat. Bintil jerawat pada wajah pun tidak akan terlihat. Jerawat juga menjadi tidak sering dipegang dengan tangan kotor, terlindungi dari debu, paparan sinar matahari, dan bakteri yang dapat memperburuk kondisi jerawat.

Tapi, perlu diingat, jangan asal pilih dan menggunakan stiker jerawat. Bila tidak hati-hati, terdapat efek samping yang bisa merugikan kondisi jerawat dan kulit wajah.

Stiker jerawat bisa memiliki efek samping berupa iritasi, rasa terbakar, rasa menyengat, kulit terkelupas, dan kulit bersisik.

Meskipun acne patch dapat dijadikan alternatif untuk jerawat, tapi tetap penyembuhan jerawat juga harus dibarengi dengan hal lain. Tetaplah rajin membersihkan wajah, menggunakan skincare yang sesuai jenis kulit, tidak memencet jerawat secara sembarangan, dan tentunya pola hidup sehat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini