Share

6 Manfaat Olahraga di Malam Hari, Cocok untuk Mereka yang Super Sibuk

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 612 2611921 6-manfaat-olahraga-di-malam-hari-cocok-untuk-mereka-yang-super-sibuk-oxf4JbymQH.jpg Ilustrasi Olahraga. (Foto: Highend)

SETIAP orang memang disarankan berolahraga 150 menit dalam seminggu atau setara dengan 30 menit setiap hari selama 5 hari. Alhasil, banyak orang memilih untuk berolahraga di malam hari sepulang bekerja.

Nah, seperti apa manfaat olahraga di malam hari? Berikut ulasannya seperti dilansir dari KlikDokter.

Menghilangkan Kepenatan

Ketika malam hari setelah bekerja, Anda tentu mau menghilangkan kepenatan atau stres. Anda dapat melampiaskannya dengan olahraga misalnya berlari, angkat beban, bersepeda, atau jenis lain yang disukai.

Hal tersebut dikaitkan dengan pelepasan hormon kortisol yang berperan sebagai penyedia energi dan pengendali stres. Hasilnya, Anda menjadi lebih berenergi dan terhindar dari kepenatan saat beraktivitas fisik di malam hari.

Olahraga

Menghasilkan Performa Terbaik

Kadar kalori yang dibakar pada pagi hari bisa saja sama dengan malam hari. Hal tersebut tergantung kebiasaan mengalokasikan energi dalam satu hari. Bila merasa mempunyai banyak energi di malam hari, Anda tentu bisa lebih efektif berolahraga di malam hari, begitu juga sebaliknya.

Maka dari itu, penting untuk mengenali kenalilah irama sirkadian tubuh Anda. Jika memang sore atau malam hari adalah waktu terbaik yang tubuh Anda miliki, jangan ragu untuk berolahraga ketika matahari tenggelam.

 

Tidak Terburu-buru

Olahraga malam hari biasanya dapat menyediakan waktu yang lebih fleksibel. Anda tidak akan dikejar-kejar oleh aktivitas lain saat berolahraga di malam hari, seperti pekerjaan yang biasanya dilakukan di pagi atau siang hari. Jadi, Anda akan lebih punya waktu untuk fokus berolahraga. Tujuan yang ingin dicapai bisa didapatkan lebih optimal.

Menghindari Kebiasaan Tidak Sehat

Tentunya, berolahraga di malam hari jauh lebih baik dibanding hanya berdiam diri menonton televisi sambil mengonsumsi camilan di rumah. Selain membakar kalori berlebih dan dapat memperoleh bentuk tubuh ideal, berbagai penyakit kronis juga tidak mudah menyerang tubuh Anda!

Metabolisme Lebih Siap

Menurut American Council of Sports Medicine, aktivitas fisik mungkin lebih produktif ketika suhu tubuh berada pada suhu tertinggi. Bagi kebanyakan orang, suhu tubuh naik antara siang sampai menjelang malam hari. Otot juga lebih fleksibel dan kekuatannya berada pada puncaknya. Kondisi ini dianggap lebih siap untuk melakukan olahraga yang lebih produktif.

Nutrisi Terserap Lebih Baik

Studi dalam jurnal Nutrients mengatakan, orang dewasa muda yang rutin mengonsumsi minuman berprotein usai olahraga dan sebelum tidur mempunyai kadar asam amino lebih banyak. Temuan itu dibandingkan dengan orang yang meminumnya pada siang hari. Artinya, protein lebih optimal dicerna dan diserap ketika tidur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini