Share

Waspada, Ini Efek Samping Rutin Olahraga di Malam Hari

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 15 Juni 2022 17:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 612 2611981 waspada-ini-efek-samping-rutin-olahraga-di-malam-hari-xG2bNWOLcz.jpg Ilustrasi Olahraga Malam. (Foto: Freepik)

BANYAK orang memilih berolahraga di malam hari, karena tidak memiliki waktu luang di pagi atau siang hari. Pasalnya, untuk menjaga kesehatan kita memang harus berolahraga 150 menit setiap minggunya atau 30 menit setiap hari selama 5 hari.

Memang, terkadang Anda memiliki acara dengan keluarga atau teman sepulang kerja. Hal ini dapat menjadi faktor penghambat olahraga yang sudah dijadwalkan di malam hari. Terlebih jika Anda lebih senang menghabiskan waktu untuk berkumpul dan makan malam di luar rumah, hal ini dapat menjadi gangguan untuk disiplin berolahraga.

Nah, meski baik untuk kesehatan olahraga malam juga memiliki kekurangan lho. Oleh karena itu, kita juga harus mewaspadai efek olahraga malam yang dapat merugikan kesehatan dan pola hidup sehat Anda seperti dilansir dari KlikDokter.

Olahraga

Mengurangi Variasi Jenis Olahraga

Jika berolahraga di malam hari, kemungkinan Anda untuk melakukan olahraga di luar ruangan menjadi berkurang. Olahraga di luar ruangan contohnya berlari, bersepeda, sepak bola, tenis, berenang, golf, dan sebagainya. Hal tersebut bisa terjadi karena faktor cuaca, penerangan, dan lainnya. Akibatnya, Anda hanya melakukan jenis olahraga yang itu-itu saja.

Gangguan Pola Tidur

Olahraga di malam hari dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga Anda bisa mengalami kesulitan tidur. Kondisi ini dapat terjadi ketika waktu antara olahraga dan tidur malam terlalu dekat.

Maka itu, hindari masalah tidur tersebut dengan melakukan olahraga ringan atau sedang ketimbang olahraga berat. Berikan tubuh Anda waktu yang cukup untuk melakukan pendinginan setidaknya 3-5 menit di akhir latihan.

Kesempatan Bersosialisasi Berkurang

Setelah sibuk bekerja, Anda tentu ingin berkumpul bersama keluarga atau sahabat. Namun, hal tersebut mungkin tertunda karena harus fokus dengan program diet dan olahraga. Hal itu bisa membuat kesempatan untuk bersosialisasi terbagi dengan olahraga malam hari. Padahal, bersosialisasi juga penting untuk menunjang kesehatan mental yang baik.

Sudah Kehabisan Energi

Sangat mungkin bagi Anda untuk kehilangan semangat berolahraga di malam hari. Bagaimana tidak, seharian Anda sudah berkutat dengan pekerjaan yang menumpuk. Rasanya mau olahraga malam sudah tak sanggup karena energi sudah terkuras dari pagi. Akhirnya jadwal olahraga menjadi tidak dipatuhi dan tidak konsisten.

Kurang Instruksi Pelatih

Dampak olahraga malam hari yang cukup merugikan adalah tidak bisa menerima instruksi trainer. Padahal, arahan pelatih penting, lho, untuk mencapai bentuk tubuh atau tujuan yang diinginkan.

Tidak semua trainer memiliki jadwal di malam hari. Berolahraga berkelompok juga mungkin sulit dilakukan karena perbedaan jadwal masing-masing orang. Kini Anda sudah mengenal manfaat dan bahaya olahraga di malam hari. Semua ini sebaiknya disesuaikan dengan keadaan masing-masing.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini