Share

Suka Keju? Berapa Banyak Konsumsi Maksimal dalam Sehari

Tim Okezone, Okezone · Rabu 15 Juni 2022 18:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 15 612 2612225 suka-keju-berapa-banyak-konsumsi-maksimal-dalam-sehari-qj4EyacraC.jpg Ilustrasi Keju. (Foto: Shutterstock)

SERING makan keju? Keju memang salah satu makanan yang memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi melindungi pembuluh darah dari kerusakan. Keju pun bisa dinikmati sebagai toping berbagai macam makanan. Dari toping pisang bakar, keju slice untuk tambahan isi sandwich, atau penambah kelezatan pizza dengan keju mozarella.

Karena berbahan dasar susu, keju memiliki banyak kandungan kalsium dan nutrisinya. Keju adalah salah satu makanan yang baik untuk kesehatan. Meski demikian, tetap ada batasan konsumsi agar manfaatnya tidak berbalik menjadi bumerang untuk tubuh.

Ahli gizi Angel Jovi S.Gz merekomendasikan seseorang mengonsumsi keju sebanyak 40 gram per hari. "Berdasarkan penelitian, konsumsi 40 gram keju per hari menurunkan risiko terserang penyakit jantung," kata Angel seperti dilansir dari Antara.

Keju mengandung kalsium, vitamin serta zinc yang bermanfaat untuk tubuh. Namun Angel mengingatkan bahwa apa yang berlebihan tetap tidak baik, sehingga seseorang harus mengonsumsi makanan sesuai batasan yang dianjurkan. Bila berlebihan, kandungan sodium dalam keju justru bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan.

Keju

Keju bisa dikonsumsi semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga lansia. Namun, ia mengingatkan konsumsi keju pada lansia sebaiknya dikurangi karena metabolismenya sudah melambat, apalagi bila ada penyakit penyerta.

Batasannya sedikit berbeda karena anak dan remaja sedang berada di masa pertumbuhan yang butuh sokongan gizi optimal. Sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter agar asupannya sesuai dengan kondisi kesehatan. "Kalau lansia harus dicek dulu apakah ada penyakit penyerta, bila iya takaran keju bisa di 20-40 gram maksimal," dia menyarankan.

Keju juga baik dikonsumsi oleh perempuan hamil, namun ia menyarankan untuk berkonsultasi dulu kepada dokter karena ada sebagian orang yang punya alergi saat mengandung akibat perubahan hormon. "Jika tidak ada kondisi tertentu keju direkomendasikan karena ibu hamil butuh asupan kalsium tambahan untuk mendukung kesehatan," tuturnya.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini