Share

Ini Sumber Karbohidrat yang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara, Nasi Putih Termasuk!

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2022 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 298 2612779 ini-sumber-karbohidrat-yang-bisa-tingkatkan-risiko-kanker-payudara-nasi-putih-termasuk-JQhHEQZwoR.JPG Nasi putih sumber karbohidrat (Foto: Freepik)

KANKER payudara bisa menyerang tidak hanya kaum perempuan, tapi juga pria. Meski memang, penyakit satu ini memang lebih sering didapati pada perempuan.

Risiko seseorang bisa mengidap kanker payudara akan naik seiring bertambahnya usia, apalagi ditambah dengan riwayat medis keluarga, hingga kebiasaan minum alkohol. Tapi ternyata, dari studi penelitian terbaru, risiko kanker payudara juga dipicu dari beberapa jenis makanan tertentu.

Tak tanggung-tanggung, beberapa jenis makanan ini disebut bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kanker payudara hingga 20 persen.

Dari studi penelitian ini, didapati kalau sumber karbohidrat kategori biji-bijian olahan (refined grains) kesukaan ‘sejuta umat’ alias favorit banyak orang seperti nasi putih, tepung dan roti adalah sumber karbohidrat yang berpeluang meningkatkan risiko seseorang terkena kanker payudara, seperti dikutip dari The Sun, Kamis (16/6/2022).

Tidak hanya itu, sereal, makanan, aneka pastry, dan biskuit juga termasuk dalam kategori makanan yang dibuat dari biji-bijian olahan. Begitu juga dengan kentang, jus buah, dan minuman dengan gula pemanis.

Dalam penelitian ini, para peneliti fokus melihat perbedaan antara makanan nabati yang sehat, seperti biji-bijian, buah, sayuran, kacang-kacangan dan kacang-kacangan dibandingkan dengan sumber karbohidrat yang tidak sehat.

Berdasarkan lebih dari 65.000 wanita pascamenopause yang dipantau selama lebih dari dua dekade, hasilnya memperlihatkan orang-orang yang makan pilihan yang lebih sehat memiliki risiko 14 persen lebih rendah terkena kanker payudara.

Sementara, orang yang mengonsumsi pola makan nabati yang tidak sehat memiliki risiko penyakit 20 persen lebih tinggi, dengan temuan yang konsisten di semua subtipe kanker payudara.

Dokter Sanam Shah dari Pusat Penelitian Epidemiologi dan Kesehatan Populasi di Universitas Paris-Saclay mengatakan, hasil studi tersebut menunjukkan kalau mengonsumsi makanan nabati yang sehat bisa sebagai upaya pencegahan seseorang terkena kanker payudara.

“Temuan ini menyoroti bahwa meningkatkan konsumsi makanan nabati yang sehat dan mengurangi konsumsi makanan nabati dan hewani yang kurang sehat bisa bantu mencegah semua jenis kanker payudara,” ujarnya.

BACA JUGA:Makanan Khas Kulon Progo yang Wajib Dicoba, Ada Cendol Sambal!

BACA JUGA:4 Makanan Kaya Vitamin B6, Penting untuk Perkembangan Otak!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini