Share

4 Jenis Sushi Paling Populer di Indonesia, Pernah Coba?

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2022 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 298 2612797 4-jenis-sushi-paling-populer-di-indonesia-pernah-coba-SAmo8CYCIm.jpg Ilustrasi Sushi. (Foto: Shutterstock)

KULINER Jepang memang dikenal sehat, dan enak. Tidakheran jika kuliner Jepang memang disukai di banyak negara. Salah satu yang populer dan digemari banyak orang adalah sushi.

Sushi terbuat dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut, daging, atau sayuran. Di Jepang sendiri, ada lebih dari 50 sebutan untuk jenis sushi.

Supaya tidak salah memesan saat menikmati kuliner di restoran Jepang khususnya sushi, mari simak ulasan berikut ini mengenai jenis-jenis sushi yang populer di Indonesia.

Oshizushi

Sushi

Oshizushi kerap diartikan sebagai "sushi yang ditekan". Disebut demikian sebab cara membentuknya yakni menekan nasi dalam cetakan kayu atau oshibako. Sushi ini mulanya berbentuk kotak yang agak besar lalu dipotong-potong seukuran satu gigitan agar mudah dimakan.

Inarizushi

Sushi

Inarizushi sedikit berbeda dengan sushi kebanyakan. Inarizushi merupakan jenis sushi yang lapisan luarnya terbuat dari tofu yang digoreng. Sedangkan, di dalamnya berisi nasi halus.

Gunkan

Sushi

Dalam bahasa Jepang, gunkan berarti kapal perang. Gunkan sushi bentuknya mirip kapal. Gunkan merupakan sushi yang dibungkus kertas nori atau irisan tipis mentimun. Biasanya terdiri dari beraneka ragam makanan di dalamnya.

Temakizushi

Sushi

Temakizushi berarti sushi yang dibungkus dalam nori. Namun bentuknya sedikit berbeda. Jika biasanya sushi identik dengan bentuk bulat, namun Temakizushi ini malah berbentuk kerucut yang menyerupai cone es krim. Isiannya serupa dengan Makizushi yakni terdiri dari nasi yang telah dibentuk, lauk, dan sayuran.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini