Share

Penyedap Masakan Alami, 5 Tanaman Ini Bisa Jadi Bumbu Masak

Siska Permata Sari, Jurnalis · Kamis 16 Juni 2022 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 16 612 2612890 penyedap-masakan-alami-5-tanaman-ini-bisa-jadi-bumbu-masak-qTbWZoNl9W.jpeg Ilustrasi Masak. (Foto: Highend)

ADA beberapa tumbuhan yang bisa kita gunakan sebagai bumbu masak. Tanaman-tanaman tersebut memang berfungsi sebagai penyedap masakan dan bisa menjadi alternatif untuk memasak menggunakan bumbu alami.

Lantas, apa saja sih tanaman yang dimanfaatkan untuk bahan penyedap masakan? Berikut daftarnya, seperti dirangkum dari Times of India.

Daun salam

Daun salam juga menjadi tanaman yang sering dimanfaatkan untuk bahan penyedap masakan. Daun salam dapat diberikan di masakan saus, semur, sayuran, dan daging panggang.

Daun salam kering dapat ditemukan di supermarket dan harganya lebih murah daripada yang segar. Tambahkan daun salam di awal proses memasak untuk mengeluarkan rasanya, kemudian angkat sebelum disajikan.

Masak

Ketumbar

Tanaman yang dimanfaatkan untuk bahan penyedap masakan selanjutnya yakni ketumbar. Ketumbar memiliki aroma yang kuat dan cocok digunakan untuk masakan-masakan yang pedas. Ketumbar yang tidak matang dengan baik harus ditambahkan tepat sebelum makanan disajikan untuk rasa terbaik. Sementara itu, untuk biji ketumbar juga menjadi buah kering dari tanaman yang banyak digunakan dalam masakan Asia.

 

Kemangi

Tanaman yang dimanfaatkan untuk bahan penyedap masakan di urutan pertama yakni kemangi. Daun kemangi ini punya kuat yang rasanya seperti kombinasi licorice dan cengkeh. Kemangi dapat digunakan dalam banyak masakan dan cocok digunakan sebagai penyedap makanan Mediterania.

Oregano

Terakhir ada oregano. Tanaman yang satu ini aromanya tajam dan kuat, cocok dengan hidangan berbahan dasar tomat, termasuk saus pizza, dan daging. Oregano juga cocok dipakai bersama dengan sebagian besar sayuran. Anda bisa menggunakan oregano kering daripada yang segar.

Serai

Serai memiliki rasa dan aroma lemon yang asam. Biasanya digunakan untuk membumbui teh dan sup dan sering ditemukan dalam masakan Asia seperti Thailand, Vietnam, termasuk Indonesia. Untuk menggunakan serai, potong bagian atas dan bawah, lepaskan lapisan luar dan dasar putih, dan potong-potong atau cincang ukuran sedang-besar.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini