Share

Jumlah Kalori Kerupuk Udang dan 4 Bahaya Terlalu Sering Mengonsumsinya

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2022 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 298 2613035 jumlah-kalori-kerupuk-udang-dan-4-bahaya-terlalu-sering-mengonsumsinya-mxdGdwSZcU.jpg Kalori kerupuk udang (Foto: Wikipedia)

KALORI kerupuk udang akan dibahas dalam artikel ini. Kerupuk udang merupakan salah satu favorit untuk dijadikan pendamping nasi selain lauk. 

Namun perlu Anda waspadai, bahwa di dalam kerupuk udang ini terdapat zat atau kandungan-kandungan jika dikonsumsi berlebihan maka tidak baik untuk kesehatan, lho.

Dilansir dari berbagai sumber, satu keping kerupuk udang berukuran sedang di dalamnya mengandung kalori 35 kkal, lemak 2,29 gram, karbohidrat 3,26 gram, dan protein 0,43 gram. Nah hitungan kalori jenis kerupuk ini termasuk rendah.

Kalori Kerupuk Udang

(Kalori Kerupuk Udang, Foto: Wikipedia)

Sementara itu tak hanya kalori saja, di dalam kerupuk udang ukuran sedang mengandung 0,43 gram protein, 3,26 gram karbohidrat, dan 2,29 gram lemak.

Kemudian, apabila Anda ingin membatasi asupan kalori karena beberapa hal khsusnya terkait dengan kesehatan, maka diusahakan menyantap makanan sehat dan seimbang antara karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitaminnya.

BACA JUGA : Kalori Kerupuk Putih dan Dampak Buruk yang Tak Terduga Keseringan Mengonsumsinya

Namun jika Anda ragu dengan takaran sendiri, bisa berkonsultasi dengan dokter. Berapa jumlah kalori yang Anda butuhkan sebenarnya, sehingga dapat mengimbangi asupan makanan. Termasuk dalam mengonsumsi kerupuk udang, alih-alih ingin hidup sehat malah terlampaui batas karena terlalu asyik menikmati lezatnya kerupuk udang.

BACA JUGA : Segini Kalori Pisang Goreng, Teman Minum Kopi Paling Enak di Pagi Hari

Lalu tahukah Anda, bahaya apa saja yang akan mengancam keselamatan kesehatan Anda jika terlalu banyak makan kerupuk? berikut ini tiga diantaranya:

1. Hipertensi

Kerupuk putih mengandung minyak, natrium (garam), penyedap. Apabila dikonsumsi berlebihan tentu akan beresiko terkena tekanan darah tinggi (hipertensi).

2. Berisiko Obesitas

Selain minyak, kerupuk juga mengandung kalori dan lemak. Inilah alasan yang membuat Anda berisiko mengalami obesitas, bila berlebihan memakannya.

3. Gagal ginjal

Terlalu banyak makan kerupuk juga berisiko mengalami gagal ginjal, lho. Akibat ginjal bekerja terlalu keras, karena tidak sedikit kandungan yang berdampak buruk dari kerupuk.

4. Kerusakan otak

Selain kandungan dalam kerupuk, ada bahan tambahan lain yakni pewarna kerupuk putih. Mungkin Anda sering menemukan atau bahkan pernah mengongumsi kerupuk yang memiliki berbagai macam warna.

Kerupuk yang memiliki macam-macam warna ternyata mengandung bahan kimia, dapat memicu kerusakan pada otak dan pusat koordinasi tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini