Share

Bertambah Usia, Ini 4 Tips Pola Makan dengan Baik Agar Tetap Sehat

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2022 08:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 298 2613078 bertambah-usia-ini-4-tips-pola-makan-dengan-baik-agar-tetap-sehat-OPXEvScbdJ.JPG Makanan sehat (Foto: Freepik)

SEIRING dengan usia yang bertambah, risiko seseorang terkena banyak penyakit memang semakin besar.

Tapi, dengan perubahan kecil, contohnya dengan pola kebiasaan makan yang baik, kita bisa menurunkan risiko tersebut.

Nah, apa sih perubahan kecil yang bisa dilakukan dengan pola makan kita sehari-hari agar tetap sehat walau umur terus bertambah? Merangkum New York Times, Jumat (17/6/2022) berikut ulasan singkat empat tips yang bisa Anda coba.

1. Hindari daging olahan: Daging olahan memang lezat dan mudah untuk disajikan. Tapi tahukah Anda, sejumlah penelitian menemukan hubungan antara makan banyak daging olahan dan dampak buruknya bagi kesehatan. Tinjauan dari Harvard menemukan bahwa makan satu porsi sehari daging olahan seperti bacon, sosis, dan daging deli berhubungan dengan risiko penyakit jantung 42 persen lebih tinggi dan peningkatan risiko diabetes 19 persen. Tak hanya itu, penelitian lain juga mendapati hubungan daging olahan dengan meningkatnya risiko seseorang terkena kanker usus besar.

BACA JUGA:Mengenal Gabus Pucung, Makanan Khas Betawi yang Nyaris Punah


BACA JUGA:Lagi Gak Mood, Konsumsi 4 Makanan Ini Bestie!

2. Makan blueberry: Buah berwarna biru keunguan ini masuk dalam super foods loh! Satu studi menemukan bahwa makan setara dengan secangkir blueberry sehari, bisa bantu menurunkan tekanan darah. Selain bluberry, Anda juga bisa menambahkan buah dan sayuran berwarna gelap contohnya ceri, bayam, dan kangkung ke dalam menu makanan sehari-hari karena mereka mengandung banyak nutrisi, serat, dan karotenoid.

3. Hindari packaged foods: Alias makanan olahan kemasan, contohnya keripik, granola bar, junk food, makanan cepat saji, pizza beku, dan lain-lain. Beralihlah ke makanan seperti kacang-kacangan, telur, minyak zaitun dan susu.

4. Investasi ke olahraga: Hanya mengandalkan konsumsi suplemen kesehatan semata dan tak berolahraga? Wah, ternyata langkah ini keliru loh! Justru, coba investasikan waktu dan uang Anda untuk berolahraga. Baik itu di tempat publik atau mendaftar keanggotaan gym. Makanan sehat ditambah rutinitas berolahraga, bisa bermanfaat lebih banyak untuk kesehatan emosional dan fisik Anda daripada sekedar konsumsi suplemen setiap hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini