Share

Makna Tersembunyi di Balik Sajian Sego Berkat Khas Kulon Progo

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2022 17:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 298 2613493 makna-tersembunyi-di-balik-sajian-sego-berkat-khas-kulon-progo-zEkCDX8Hp4.jpeg Sego Berkat khas Kulon Progo (Foto:MPI/Sukardi)

JIKA berkesempatan mengunjungi Kulon Progo, jelajah wisata kuliner harus masuk dalam 'to do list' Anda.

Pasalnya, kabupaten paling barat di Daerah Istimewa Yogyakarta ini punya banyak menu makanan yang sayang untuk dilewatkan, contohnya sego berkat khas Kulon Progo.

Sego berkat atau yang bisa disebut nasi berkat khas Kulon Progo sejatinya tak berbeda dengan nasi berkat yang banyak ditemukan di wilayah lain di Indonesia. Tapi, tetap saja ada keistimewaan dari sego berkat khas Kulon Progo satu ini.

Pertama, dari penggunaan wadahnya yang ternyata masih pakai anyaman kayu yang ditataki daun jati. Menu lauk nasi berkat khas Kulon Progo punya 'pattern' khusus.

Ya, ada 9 lauk di sego berkat khas Kulon Progo. Pertama adalah nasi gurih yang dibungkus daun jati yang didampingi bersama gudeg, oseng-oseng pepaya, jangan tholo (sayur kacang tholo), mie telur, serundeng kelapa, telor atau lauk lainnya, suwir ayam, tahu dan tempe bacem, dan terakhir kerupuk atau peyek.

Seperi disampaikan Sri Puji Astuti, pemilik rumah makan Sego Berkat Pare Anom Bu SPA, pada jaman dahulu, menu sego berkat ini diberikan saat syukuran kelahiran, rumah baru, mendapat pekerjaan, atau acara lainnya sebagai tanda syukur. Dulu, satu sego berkat diberikan untuk satu keluarga.

(Foto:MPI/Sukardi)

"Makanya, ada sego berkat yang isinya banyak, karena sego berkat tersebut diberikan untuk satu keluarga. Kalau sekarang kan kesannya untuk satu orang saja," cerita Sri.

Cara memasaknya pun tradisional tidak menggunakan kompor, melainkan tungku kayu. Dengan teknik memasak ini, ada rasa dan aroma khas yang keluar yang hanya bisa didapat dari proses memasak menggunakan kayu.

Sri melanjutkan, di masa pandemi sego berkat jadi panganan yang diincar. Selain mudah didapat, lauk pauk yang ada di sego berkat dipercaya memberi manfaat untuk menjaga kebugaran tubuh.

"Sego berkat ini di masa pandemi Covid-19 awal-awal bahkan menjadi panganan yang banyak diburu masyarakat. Selain rasanya yang enak, makanan ini punya manfaat yang dipercaya meningkatkan imunitas karena kandungan rempah-rempahnya yang banyak," tambahnya.

"Apalagi minumnya wedang rempah yang juga mengandung banyak rempah seperti jahe, daun jeruk, sereh, dan gula aren," tutup Sri singkat.

BACA JUGA:Mengenal Gabus Pucung, Makanan Khas Betawi yang Nyaris Punah

BACA JUGA:Makanan Khas Kulon Progo yang Wajib Dicoba, Ada Cendol Sambal!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini