Share

Catat Bestie! Ini Trik Cerdas ke Kondangan Tanpa Perlu Bikin Bokek

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 17 Juni 2022 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 612 2613457 catat-bestie-ini-trik-cerdas-ke-kondangan-tanpa-perlu-bikin-bokek-fOrPApJxyZ.JPG Pesta pernikahan (Foto: Freepik)

MENGHADIRI acara pesta pernikahan memang seru dan menyenangkan. Selain bisa memberikan selamat langsung kepada kedua mempelai pengantin, pesta pernikahan biasanya juga jadi ajang kumpul bersama dengan teman dan kolega.

Tapi di satu sisi, menghadiri pesta pernikahan alias ke kondangan, bagi sebagian orang bisa mempengaruhi kondisi keuangan. Apalagi jika dilakukan di setiap akhir pekan. Tak heran, kondangan malah bisa bikin bokek, alias kantong bolong.

Tenang, ada kok trik untuk bisa enjoy ke kondangan tanpa harus bikin bokek. Menghimpun Huffingtonpost, Jumat (17/6/2022) yuk intip lima uraian singkatnya di bawah ini.

1. Berangkat berkelompok: Cari teman barengan yang juga sama-sama akan hadir ke pesta pernikahan tersebut. Dibandingkan berangkat sendiri, jika berangkat berkelompok, Anda bisa patungan biaya akomodasi penginapan dan transportasi seperti sewa mobil, tiket pesawat dan sebagainya. Lebih hemat kan?

2. Pesan jauh-jauh hari: Jika sudah tahu akan hadir di pesta tersebut, mulailah susun rencana perjalanan. Apakah harus menginap, sewa kendaraan, dan sebagainya. Makin awal disusun, makin cepat pula Anda bisa memesan semuanya. Early booking tentunya bisa dapat harga lebih murah ketimbang pesan dadakan bukan?

BACA JUGA:Tanpa Perlu Marah-Marah, Ini 11 Tips Cegah Anak Berkata Kasar

BACA JUGA:Pusing Hadapi Anak yang Beranjak Remaja? Coba 3 Tips dari Psikolog Ini

3. Hindari habiskan uang untuk outfit: Anda datang sebagai tamu, bukan yang punya acara. Biarkan sang pengantin yang menjadi bintang utama, artinya Anda tak perlu tampil super heboh dengan outfit super mewah yang baru dan mahal. Kenakan saja pakaian pesta yang ada di lemari pakaian.

4. Buat budgeting: Jangan salah, anggaran ke kondangan juga harus dilakukan seperti penganggaran lainny. Tulis mana yang kebutuhan mana yang hanya keinginan. Tentukan dana yang harus dikeluarkan untuk penginapan, perjalanan, makanan, pakaian, dan hadiah.

5. Transit: Research dulu biaya ongkos perjalanan, apakah lebih mahal jika direct alias langsung ke lokasi pesta, atau justru lebih murah jika melakukan transit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini