Share

Sedapnya Nasi Daun Jati Khas Kulon Progo, Cocok Buat Sarapan!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 18 Juni 2022 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 18 298 2613746 sedapnya-nasi-daun-jati-khas-kulon-progo-cocok-buat-sarapan-J6KIzZtwf5.jpeg Nasi daun jati (Foto:MPI/Sukardi)

SETIAP daerah memiliki kuliner khasnya masing-masing. Termasuk Kulon Progo salah satunya, ternyata daerah ini punya makanan khas yang disebut nasi daun jati.

Nasi daun jati sendiri merupakan nasi yang dibungkus daun jati. Makanan ini bisa ditemukan di rumah makan tradisional di kawasan Kulon Progo.

Menurut Sri Puji Astuti, pemilik Rumah Makan Sego Berkat Pare Anom Bu SPA yang ada di Desa Temon, Kulon Progo, nasi daun jati merupakan makanan tradisional yang sudah ada sejak zaman dulu. Konon katanya, membungkus nasi dengan daun jati agar memberi rasa yang khas dan aroma yang enak.

"Kalau nasi sudah dibungkus dengan daun jati, rasanya jadi berbeda. Saya pun tidak tahu mengapa bisa begitu, tapi itu tradisi yang sudah ada sejak nenek moyang saya," kata Sri yang ditemui saat acara Media Trip bersama Grand Dafam Signature International Airport Yogyakarta, baru-baru ini.

Ia pun menjelaskan bahwa selain rasa yang berbeda, nasi yang dibungkus daun jati juga mengeluarkan aroma yang khas. Ya, nasi putih yang biasa-biasa saja akan lebih istimewa jika sudah dibungkus daun jati.

BACA JUGA:4 Makanan dan Minuman Vegan ala Meghan Markle

BACA JUGA:Mengenal Gabus Pucung, Makanan Khas Betawi yang Nyaris Punah

Ada trik yang dibagikan Sri ketika hendak membungkus nasi pakai daun jati. Menurutnya, selain harus memilih daun yang berukuran besar, sisi daun yang dipakai itu yang luar, bukan sisi yang dalam.

"Kalau yang dalam, itu kayak ada rambutnya. Sedangkan sisi daun yang luar itu selain bersih juga tidak kasar," sarannya.

Makan nasi daun jati bisa ditemani dengan lauk yang biasa ada di nasi berkat. Menunya antara lain sayur pepaya muda, telur dan tempe bacem, mi goreng telor, gudeg nangka, dan bisa ditambah dengan suwiran ayam yang gurih dan lezat.

Nasi daun jati ala Kulon Progo ini direkomendasikan disantap saat sarapan. Porsinya yang tidak terlalu banyak dipastikan pas untuk makan pagi.

"Meski tidak banyak porsinya, tapi lauknya yang banyak tetap bikin perut kenyang," tambah Sri.

Nah, sebagai teman pelengkap nasi daun jati biasanya disantap bersama segelas minuman wedang rempah yang tak hanya enak, tapi punya segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. So, tertarik untuk mencicipi nasi daun jati yang ada di Kulon Progo?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini