Share

Podcast Aksi Nyata: Kisah Vama Danakusumah, Lulusan Hukum yang Jadi Pekerja Kreatif

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 18 Juni 2022 18:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 18 612 2613978 podcast-aksi-nyata-kisah-vama-danakusumah-lulusan-hukum-yang-jadi-pekerja-kreatif-0mVKGawxmg.JPG Vama Danakusumah (Foto: Youtube Partai Perindo)

TIDAK semua profesi yang ditekuni oleh setiap orang sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Sebagian malah menemukan dunia atau keinginannya itu, berbanding jauh dan tidak sesuai dengan bidangnya semasa sekolah dulu.

Hal ini juga dialami oleh Vama Danakusumah yang berprofesi sebagai ESports Team Commercial Operation. Pekerjaan yang ditekuninya itu ternyata benar-benar keluar dari zona nyaman.

Vama mengatakan, saat duduk di bangku kuliah dulu ia mengambil jurusan hukum di salah satu universitas terkemuka di Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan keinginan orangtuanya, yang meminta Vama mengambil hukum.

"Sebenarnya aku kalau bisa dibilang masuk ke jurusan hukum ini sudah terdoktrin dari aku SMP. Secara enggak langsung, sudah diploting sama papa aku," katanya dalam acara Podcast Aksi Nyata bertajuk 'Kerja Sesuai Jurusan? Ga Harus Kok', dikutip dari kanal Youtube Partai Perindo, Sabtu (18/06/22).

 

(Foto: Tangkapan layar Youtube Partai Perindo)

Proses dirinya kuliah ilmu hukum disebut Vama cukup lancar. Mulai dari nilai akademik, lulus dengan waktu yang relatif cepat, bahkan dirinya pun senang belajar mengenai hukum.

Gejolak dimulai setelah lulus, ada sesuatu yang berbeda dengan dirinya. Ia merasa bahwa bekerja atau berprofesi yang berkaitan dengan hukum, tiba-tiba tidak sejalan dengan hati dan mimpinya.

"Secara teoritis aku juga suka belajar hukum, lulus lumayan cepat, nilai lumayan oke. Tapi kalau untuk praktiknya aku merasa tidak (nyaman)," ujarnya.

Setelah itu, Vama mencoba berbagai profesi yang benar-benar keluar dari jalur hukum. Mulai dari makeup artist (MUA), konten kreator dan kini ia berprofesi sebagai ESports Team Commercial Operation.

Meskipun mulanya kedua orangtuanya tidak mengetahui tentang pekerjaannya ini, namun lambat laun akhirnya bisa menerima Vama menjadi dirinya sendiri yang tidak terpaku dengan apa yang sudah dikonsep oleh keluarganya sejak masih remaja dulu.

BACA JUGA:Podcast Aksi Nyata: Kontrol Penggunaan Sosial Media Demi Kesehatan Mental

BACA JUGA:Seberapa Penting Medical Check Up? Simak Jawaban Pakar di Podcast Aksi Nyata Perindo

Vama merasa lebih menikmati dunia yang ia geluti sekarang, ia mengaku dirinya merasa bisa jauh lebih berekspresi, dan terlebih ia tidak merasa kaku.

"Kalau di hukum itu kan terlalu kaku ya. Tapi kalau di talent, di agency itu lebih bebas berekspresi," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini