Share

Kenali Diri Sendiri, Trik Mengetahui Pekerjaan Apa yang Akan Digeluti

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 18 Juni 2022 19:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 18 612 2613995 kenali-diri-sendiri-trik-mengetahui-pekerjaan-apa-yang-akan-digeluti-yW1NVKSx6C.JPG Vama Danakusumah (Foto: Youtube Partai Perindo)

BANYAK orang dan memang sudah lumrah terjadi, banyak generasi muda saat ini yang bekerja di bidang yang sesuai dengan latar belakang pendidikan yang ditempuh.

Salah satu contohnya, Vama Danakusumah yang berprofesi sebagai ESports Team Commercial Operation satu ini ternyata merupakan lulusan hukum. Alih-alih menjadi pengacara, legal team, atau notaris, ia justru berkecimpung di dunia industry kreatif.

Vama mengatakan, bahwa pekerjaan yang dilakoni saat ini jika tidak sesuai dengan background pendidikan yang sudah dipelajari, bukan jadi masalah.

Ia melihat, bahwa proses belajar ketika di bangku sekolah atau kuliah akan terlihat. Apakah anak itu benar-benar akan meneruskan apa yang sudah dipelajari atau sebaliknya, yakni pembelajaran yang dahulu menjadi bekal untuk di masa depan.

Menurutnya, apabila ingin mengetahui kemampuan apa yang sebenarnya dimiliki, maka harus mengenal dirinya sendiri lebih dulu. Hal tersebut menjadi tolak ukur paling dasar, supaya nantinya tidak salah melangkah.

 

"Yang jelas harus kenali diri sendiri. Pas dia belajar pas sekolah pun harusnya sudah keliatan ya," ucap Vama, dalam acara Podcast Aksi Nyata bertajuk 'Kerja Sesuai Jurusan? Ga Harus Kok', dikutip dari kanal Youtube Partai Perindo, Sabtu (18/06/22).

Vema sendiri mengakui, bahwa dirinya merupakan orang yang senang menghapal ketika masa-masa sekolah dulu. Kemudian kemampuannya tersebut ternyata bisa direalisasikan hingga saat ini, meskipun pekerjaannya kontras dengan jurusan kuliah yang ia pilih.

"Tapi yang aku pakai di kuliah ku dulu sekarang ini adalah analisis dan kritikal," imbuhnya.

Vema menyarankan para generasi muda yang saat ini masih bersekolah dan siap memasuki dunia kerja, bahwa kunci dari segalanya adalah dengan mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Sehingga ke depannya bisa melakukan hal-hal yang dirasa nyaman untuk dijalankan.

BACA JUGA:Podcast Aksi Nyata: Kisah Vama Danakusumah, Lulusan Hukum yang Jadi Pekerja Kreatif

BACA JUGA:Podcast Aksi Nyata: Kontrol Penggunaan Sosial Media Demi Kesehatan Mental

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini