Share

Benarkah Olahraga Malam Beri Banyak Manfaat Kesehatan?

Tim Okezone, Jurnalis · Sabtu 18 Juni 2022 22:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 18 612 2614042 benarkah-olahraga-malam-beri-banyak-manfaat-kesehatan-Iofc46440Q.jpg Ilustrasi olahraga malam. (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang mengatakan olahraga malam memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Memang olahraga malam kini dilakukan sejumlah. Alasannya karena ketika pagi hari sibuk dengan aktivitas pekerjaan.

Para pakar kesehatan merekomendasikan seseorang melakukan olahraga selama 150 menit dalam seminggu atau 30 menit setiap hari atau minimal 3–5 hari dalam seminggu. Ini cukup efektif membuat tubuh bugar.

Lantas, apa saja manfaat olahraga malam untuk kesehatan tubuh, berikut ini beberapa di antaranya, sebagaimana dilansir Highend.

Baca juga: Simak! 3 Makanan Ini Jangan Dikonsumsi Sebelum Tidur, Kenapa? 

1. Menghindari radikal bebas

Radikal bebas yang biasa dihasilkan dari beberapa aspek seperti asap kendaraan, asap rokok, dan juga paparan sinar matahari bisa memberi beberapa efek buruk pada tubuh, salah satunya sindrom gangguan pernapasan.

Olahraga pada malam hari akan membuat tubuh terhindar dari efek buruk tersebut karena kurangnya aktivitas manusia di malam hari. Namun, harus membatasi waktu dan durasi olahraganya, karena uap air meningkat pada malam hari.

Baca juga: Kabar Baik! FDA Izinkan Penggunaan Vaksin Moderna dan Pfizer untuk Bayi 6 Bulan 

2. Lebih tenang

Olahraga di malam hari juga membuat tubuh lebih tenang. Hal tersebut didasari karena malam hari udaranya lebih dingin dibanding pagi. Kemudian penggunaan energi yang lebih sedikit daripada pagi hari yang membuat tubuh akan terasa lebih tenang ketika menjalani olahraga malam.

Namun untuk melakukan olahraga pada malam hari, harus bisa mengatur jam tidur yang tepat setelah mengerjakannya. Hal ini supaya membuat tubuh fit ketika menjalani aktivitas di hari berikutnya.

3. Tidur jadi lebih nyenyak

Olahraga malam hari bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak. Pasalnya, energi tubuh akan terkuras habis setelah olahraga sehingga cepat mengantuk.

Baca juga: Dokter Ungkap Perburukan Gejala Hepatitis Akut Berat Bisa Terjadi Lebih Cepat, Ini Penyebabnya 

Baca juga: Lebih Baik Belajar Tatap Muka atau Online? Ini Kata Kak Seto 

Olahraga malam. (Foto: Istimewa/Highend)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini