Share

Tips Menyimpan Bahan Makanan di Kulkas ala Anak Kos, Gak Gampang Busuk!

Ayu Utami Anggraeni, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 19 298 2614298 tips-menyimpan-bahan-makanan-di-kulkas-ala-anak-kos-gak-gampang-busuk-ejTtQnYEDx.jpg Tips simpan makanan di kulkas (Foto: Timesofindia)

BAGI anak kos atau perantauan, tentunya harus pintar-pintar mengatur keuangan. Salah satu cara hemat uang bagi anak kos dengan tidak terlalu sering makan di luar atau pesan lewat delivery.

Kamu bisa mengatasi hal itu dengan cara masak dan membeli bahan-bahan masakan sendiri. Namun perlu diperhatikan juga agar bahan makanan kamu tidak cepat busuk.

Mengutip dari video di akun TikTok @azkhiacesara berikut ini tips menyimpan bahan makanan di kulkas agar tidak cepat busuk.

Bahan Makanan

(Bahan makanan, Foto: Freepik)

1. Daun Bawang

Daun bawang jadi salah satu bahan makanan yang mudah busuk jika penyimpanannya tidak benar. Berikut ini tips penyimpanan daun bawang tidak gampang busuk dan bisa bertahan sampai satu bulan.

- Cuci daun bawang dan iris kecil-kecil

- Siapkan wadah dan masukkan daun bawang yang sudah diiris.

- Lalu, simpan ke dalam freezer.

BACA JUGA : 5 Kesalahan Penyimpanan Makanan yang Sering Dilakukan

2. Jagung

Tips agar jagung tidak mudah kering, amu bisa coba untuk pipil jagung dan masukan ke dalam wadah. Setelah itu masukan ke dalam freezer.

BACA JUGA : 6 Tips Menyimpan Makanan Sisa

3. Tempe

Tips agar tempe tidak mudah busuk, sebelum di masukkan ke kulkas kamu bisa merebusnya terlebih dahulu. Selain itu amu bisa menambahkan beberapa bahan pelengkap agar rasa tempe tidak tawar, yaitu siapkan bawang putih, lada secukupnya dan ketumbar secukupnya. Setelah itu masukkan wadah yang berisikan rebusan tempat ke dalam ke dalam chiller.

4. Bawang Giling

Simpan bawang Giling dalam wadah dan masukkan ke freezer. Dengan cara ini bawang tahan sekitar satu bulan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

5. Cabai Rawit

Mengingat harga cabai di pasar tengah meroket, dan cabai cukup cepat busuk. Kamu bisa coba tips menyimpan cabai ini agar gak perlu boros membeli cabai.

- Pertama cuci cabai sampai bersih

- Lalu copotkan tangkainya

- Siapkan wadah yang di dalamnya dilapisi oleh tisu, lalu masukkan cabai.

- Setelah itu simpan di chiller, cabai akan tahan sampai dua minggu.

6. Toge

Dengan merendam toge dalam air dan di simpan di chiller bisa memperlambat pembusukan. Setidaknya toge yang direndam di air bisa tahan selama dua minggu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini