Share

Benarkah Tes DNA Bisa Tingkatkan Peluang Keberhasilan Diet?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 481 2614631 benarkah-tes-dna-bisa-tingkatkan-peluang-keberhasilan-diet-xC30unV2uS.JPG Program diet (Foto: Freepik)

GAGAL diet kerap jadi hal familiar yang dialami banyak orang saat menjalani program diet.

Anda mungkin bingung ketika mengetahui target diet yang dipasang ternyata gagal, padahal segala cara sudah dilakukan? Nah, kegagalan ini salah satunya bisa saja dipicu dengan kemungkinan ada step yang terlewat.

Step inilah yang justru penting dalam menunjang keberhasilan diet. Salah satu contohnya, pemeriksaan genetik Nutrigenomik. Dikatakan, dokter spesialis gizi klinis, dr. Cindiawaty Pudjiadi, SpGK, tiap individu memang bersifat unik dan keunikan tersebut dapat dinilai dalam DNA masing-masing orang.

Dokter Cindi menerangkan, dengan bantuan pemeriksaan genetik Nutrigenomik bisa membantu mengetahui kebutuhan pasien yang sedang berdiet.

โ€œDengan penambahan tes genetik Nutrigenomik, itu memudahkan pasien dan saya sendiri dalam merekomendasikan gaya hidup yang paling tepat," kata dr. Cindi dalam keterangan tertulis, dikutip MNC Portal Indonesia, Selasa (21/6/2022).

BACA JUGA:Tes Darah Versi Baru, Bisa Cek Seberapa Rentan Seseorang Terinfeksi Covid-19

BACA JUGA: Diabetes Mengintai Anak-Anak, Dokter: Jangan Percaya dengan Anggapan Anak Makin Gendut Semakin Lucu

Selain itu, seperti ditambahkan dr Reza Nugraha Yulisar, SpPD, pemeriksaan DNA sejatinya bermanfaat bukan hanya untuk menunjang keberhasilan diet. Tapi juga memprediksi dan menilai kecenderungan satu risiko penyakit degeneratif.

Prediksi dan penilaian risiko penyakit degeneratif ini diketahyui penting untuk mendapatkan kesehatan secara menyeluruh yang optimal. Sehingga menua dengan tubuh yang tidak dipenuhi oleh penyakit.

"Masyarakat perlu memanfaatkan teknologi pemeriksaan DNA untuk melawan penyakit degeneratif, dengan harapan masa tua yang lebih sehat dan angka harapan hidup yang lebih lama serta sejahtera," pungkas dr Reza Nugraha Yulisar, SpPD.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini