Share

Siapkan MPASI untuk Anak, Awasi Kandungan Serat Gula dan Garam

Tim Okezone, Okezone · Senin 20 Juni 2022 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 612 2614986 siapkan-mpasi-untuk-anak-awasi-kandungan-serat-gula-dan-garam-yOgJzRiJ1b.jpg Ilustrasi Pemberian MPASI. (Foto: Shutterstock)

MAKANAN Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) biasanya diberikan pada bayi ketika mereka memasuki usia enam bulan. Lantas, kenapa sih MPASI diperlukan bagi anak bayi?

MPASI memang diberikan sebagai pendamping bagi bayi yang menyusui, karena ASI sudah kurang untuk memenuhi kebutuhan gizi sang bayi. Untuk mengolah MPASI pun tidak boleh sembarangan, karena pengolahannya berbeda dengan makanan orang dewasa.

Dokter spesialis anak IPDA dr. Harun Albar, M.Kes, SpA mengungkapkan pentingnya memperhatikan strategi pemberian MPASI untuk bayi guna mencegah terjadinya stunting atau gagal tumbuh akibat kekurangan gizi.

MPASI

"Orangtua menjadi sosok utama terhadap pemenuhan gizi di 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) seorang anak guna mencegah stunting. Pada periode MPASI, para orang tua perlu memperhatikan dengan baik terhadap strategi pemberiannya, dimulai dari faktor tepat waktu, adekuat, aman, dan higienis, serta diberikan secara responsif kepada anak," kata Harun seperti dilansir dari Antara.

Menurut Harun, MPASI dapat dibuat sendiri oleh orang tua di rumah. Meski demikian, kandungan makanan yang diolah tentu harus dapat memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan bayi.

"Orang tua perlu mencermati kandungan makanan yang diolah, seperti kecukupan asupan protein hewani, lemak, mikronutrien, dan pemberian dalam jumlah terbatas untuk bahan makanan yang mengandung serat, gula, dan garam," ujarnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini