Share

Ragam Oleh-oleh Khas Nusantara di Jakarta Fair

Karina Asta Widara , Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 12 2615134 ragam-oleh-oleh-khas-nusantara-di-jakarta-fair-L2KnVMMXBg.jpg Pengunjung Jakarta Fair dapat Menemukan Beragam oleh-oleh Menarik Nusantara disana/ Foto: Dok Jakarta Fair

Jakarta โ€“ Jakarta Fair sebagai event pameran terbesar di Asia Tenggara yang berlokasi di arena JIEXPO Kemayoran menghadirkan berbagai pameran multiproduk, kuliner, hingga konser musik.

Pengunjung Jakarta Fair juga dapat menemukan beragam oleh-oleh khas Nusantara yang sangat menarik. Berbagai daerah seperti Aceh, Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Barat, hingga Kalimantan turut memamerkan beragam produk unggulan dari budayanya masih-masing.

Seperti contoh, Aceh menghadirkan berbagai oleh-oleh khas seperti kopi Aceh Gayo, tasrajut, peci, dan beragam aksesoris lainnya. Kota Padang, Sumatera Barat juga menyuguhkan beragam kuliner sebagai oleh-oleh di Jakarta Fair, seperti keripik balado, keripik sanjai, dan dendeng kering.

Kemudian, ada juga Daerah Istimewa Yogyakarta dengan berbagai kuliner khasnya seperti bakpia, oseng-oseng mercon, dan juga wedang uwuh. Ragam aksesoris dan pakaian juga ditawarkan di Jakarta Fair.

โ€œBeberapa diantaranya ada Batik Cecek yang mengadopsi desain kontemporer, kerajinan tangan yang terbuat dari kulit, blangkon, wayang kulit, hingga aksesoris seperti kalung dan gelang,โ€ kata Penanggung Jawab Stan Yogyakarta, Bedjo.

Jawa Timur juga menghadirkan berbagai macam oleh-oleh seperti camilan khas Madura, tas, pakaian, hingga kerajinan tangan yang terbuat dari kulit. Selanjutnya ada Kalimantan Selatan yang juga ikut memamerkan produk unggulannya, yaitu kain sasirangan khas Kalimantan, tikar rotan, dompet manik-manik, hingga batu permata kecubung dan berlian.

Tak ketinggalan, Sulawesi Tengah juga turut memamerkan beragam oleh-oleh khasnya seperti sarung tenun sutra, kerajinan tangan, kuliner, pajangan, hingga aksesoris. Salah satu yang paling diminati pengunjung Jakarta Fair adalah perhiasan yang terbuat dari batu Giok Sojol khas Sulawesi Tengah.

Bagi pengunjung Jakarta Fair yang ingin membeli oleh-oleh khas Nusantara, dapat mengunjungi Hall C2 di arena JIEXPO Kemayoran. Jakarta Fair tahun ini diadakan selama 39 hari penuh mulai tanggal 9 Juni hingga 17 Juli 2022 di Arena JIEXPO.

(CM)

(Wid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini