Share

Yuk, Wisata Sehat dengan Ikut Yoga

Agustina Wulandari , Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 12 2615546 yuk-wisata-sehat-dengan-ikut-yoga-Y5rVoc9nlP.jpg Aktivitas yoga. (Foto: Indonesia.travel/Kemenparekraf)

Yoga kini telah menjadi aktivitas olahraga yang cukup populer. Bahkan, bagi sebagian orang, melakukan yoga telah menjadi gaya hidup. Namun, tahukah Anda bila tanggal 21 Juni ditetapkan sebagai Hari Yoga Internasional?

Tentunya ini sangat menarik. Yoga menjadi perhatian khusus bagi masyarakat dunia berkat manfaatnya. Telah lama dikenal, yoga merupakan olahraga yang tidak hanya bermanfaat untuk menyehatkan tubuh, tetapi juga mendukung kesehatan mental atau psikis.

Perayaan Hari Yoga Internasional dipelopori oleh Perdana Menteri India Narendra Modi. Insiatif ini kemudian disambut positif oleh PBB pada tahun 2014. Hingga pada 2015, tanggal 21 Juni secara resmi ditetapkan PBB sebagai Hari Yoga Internasional.

Ragam dan Manfaat

Umumnya banyak orang mengenal yoga sebagai satu jenis olahraga. Namun, jika ditilik lebih lanjut, yoga memiliki varian yang cukup banyak. Tiap ragam yoga mempunyai jenis gerakan dan manfaatnya tersendiri.

Ragam olahraga yoga yang pertama adalah hatha yoga. Jenis yoga ini cocok bagi pemula karena di dalamnya terdapat gerakan-gerakan dasar yoga dan pelajaran teknik pernapasan dengan tempo yang lebih lambat.

Kedua, vinyasa yoga. Vinyasa yoga ini bertempo lebih cepat daripada hatha yoga dengan rangkaian posisi tubuh yang lebih bervariasi. Ketiga, ashtanga yoga. Untuk ragam ashtanga yoga, gerakannya lebih dinamis dan intens, sesuai untuk yang berpengalaman dan menyukai pose yoga yang lebih menantang.

Keempat, iyengar yoga. Iyengar yoga biasanya ditujukan untuk terapi kesehatan tertentu. Jadi, gerakannya akan dipusatkan pada beberapa posisi untuk perbaikan postur atau terapi. Tujuannya untuk meningkatkan stabilitas dan fleksibilitas tubuh serta memperkuat bagian tubuh tertentu.

Kelima, hot yoga. Contoh jenis hot yoga adalah bikram yoga. Varian yoga ini dilakukan di dalam ruangan yang sengaja dihangatkan untuk detoksifikasi tubuh. Jenis lainnya untuk hot yoga antara lain hot barre yoga, hot ashtanga, dan core power yoga.

Keenam, kundalini yoga. Kundalini yoga ini lebih kompleks karena memadukan teknik pernapasan, gerakan, dan meditasi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan kesadaran diri.

Keenam, prenatal yoga.Jenis yoga ini cocok para ibu hamil dan dilakukan sebelum mendekati hari perkiraan lahir. Gerakan prenatal yoga antara lain berupa melatih pernapasan dan area pinggul untuk memperkuat kehamilan. Terakhir adalah yin yoga yang lebih bersifat meditatif untuk relaksasi tubuh.

Festival Yoga di Indonesia

 

(Foto : borobudurpark.com)

Perayaan Hari Yoga Internasional bukan hal yang baru di Indonesia. Tercatat beberapa kali Indonesia menyelenggarakan festival yoga berskala dunia. Pada tahun 2018, puncak perayaan Hari Yoga Internasional digelar di Candi Prambanan, Yogyakarta.

Namun, rangkaian acaranya meliputi sejumlah kota, seperti Malang, Bandung, Surabaya, Medan, dan Jakarta. Demikian pula, pada 2019, perayaan Hari Yoga Internasional kembali dipusatkan di Candi Prambanan.

Perhelatan yoga serempak yang dilakukan di tempat wisata ini tentunya sangat menarik. Candi Prambanan sebagai candi umat Hindu juga memiliki keterikatan dengan tradisi Hindu di India, lokasi awal berkembangnya yoga. Anda pun bisa merasakan suasana yoga yang kental. Dalam keheningan dan suasana alam, konsentrasi saat yoga pun akan semakin terkumpul.

Di sisi lain, Anda bisa sekaligus menikmati keindahan di sekitar tempat wisata. Candi Prambanan yang eksotis bisa menjadi destinasi wisata budaya sekaligus wisata edukatif. Anda bisa mengajak anak-anak berwisata di sini.

Yoga di Bali

Suasana yang tenang, damai ditambah udara sejuk menenangkan jiwa di Ubud Bali sangat cocok bagi wisatawan penikmat yoga. (Foto: Barry Kusuma)

Bali sebagai lokasi untuk festival yoga, sudah bukan rahasia lagi. Pulau Dewata ini memang kerap menjadi lokasi perhelatan yoga skala dunia. Salah satu perhelatan yoga yang cukup terkenal di Bali adalah Bali Spirit Festival yang biasanya diadakan di Ubud.

Yoga di Ubud, siapa yang menolak? Suasana Ubud yang kental akan nuansa pedesaan yang asri memikat mata dunia.

Yoga di Ubud berarti Anda akan merasakan suasana yoga yang tenang, damai, udara bersih pedesaan, serta hawa sejuk yang menyegarkan jiwa. Belum lagi, di sela-sela festival, Anda bisa berjalan-jalan atau bersepeda mengitari kawasan Ubud yang memberikan rasa tenteram.

Dalam rangkaian Bali Spirit Festival, biasanya terdapat sejumlah acara. Acara utama adalah kelas yoga yang biasanya dipandu oleh para guru yoga dari berbagai negara.

Untuk kelas yoga ini, jumlahnya bisa mencapai ratusan kelas, tergantung dari jumlah peserta. Selain itu, masih ada kegiatan pertunjukan tari, pameran produk, dan pagelaran musik.

Jadi, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mengikuti festival yoga di Bali. Pertama, manfaat kesehatan. Gerakan-gerakan dalam yoga membuat badan lebih bugar dan terjadi pembakaran kalori. Teknik pernapasan dalam yoga juga membuat relaksasi pikiran serta mampu meredakan stres dan kecemasan.

Kedua, Anda juga bisa sekaligus pelesir ke Ubud. Tidak hanya Ubud, lokasi-lokasi lainnya di Bali pun menarik untuk dikunjungi saat berada di Bali. Misalnya, kawasan Uluwatu, Nusa Dua, dan Denpasar. Jangan lupa #BeliKreatifLokal saat liburan atau mengikuti festival yoga di Bali.

Ketiga, mengikuti festival yoga di Bali juga bisa membuat Anda bertemu dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia. Anda pun bisa menjalin jejaring pertemanan baru di sini.

Tidak perlu berkunjung ke negara lain jika ingin berkenalan dengan masyarakat mancanegara. Cukup mengikuti gelaran festival di Bali, peserta luar negeri hadir di negeri sendiri.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyatakan bahwa penerbangan internasional di Bali telah dibuka sejak Oktober 2021. Harapannya, semakin banyak turis mancanegara yang berkunjung ke Bali.

Di sisi lain, desa-desa wisata di Bali semakin diperkuat dan dipersiapkan untuk menyambut wisatawan domestik dan mancanegara. Ditambah lagi dengan beragamnya gelaran festival di Bali, kualitas varian wisata pun akan semakin meningkat.

“Fokus Bali lebih dari jumlah turis, tetapi juga quality of spending wisatawan selama di Bali,” kata Sandiaga.

Ikuti perkembangan informasi wisata terbaru di #DiIndonesiaAja, dengan follow akun Instagram @pesona.indonesia dan aktivasi regular Pesona Punya Kuis (PUKIS) untuk mendapatkan hadiah merchandise dan uang jutaan rupiah dari Wonderful Indonesia.

Dengan segala potensi yang dimiliki Indonesia, tak ragu lagi bukan untuk merayakan festival internasional #DiIndonesiaAja? Utamakan selalu protokol kesehatan selama liburan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Agar liburan Anda dan keluarga tetap aman dan sehat.

CM

(Wul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini