Share

Kalori Nasi Merah 1 Centong Ternyata Segini, Cocok Buat yang Lagi Diet?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 298 2615498 kalori-nasi-merah-1-centong-ternyata-segini-cocok-buat-yang-lagi-diet-c5yYC4zPXR.jpg Kalori Nasi Merah 1 Centong (Foto: Theorganictree)

KALORI nasi merah 1 centong akan dibahas dalam artikel ini. Apakah Anda termasuk orang yang sudah mengubah menu makanan dari nasi putih ke nasi merah?

Jika iya, keputusan tersebut mungkin akan memberi dampak baik bagi kesehatan dilihat dari kalorinya yang rendah.

Ya, walau kebanyakan orang mengubah nasi putih menjadi nasi merah karena alasan gula, tapi mempertimbangkan asupan kalori yang didapat dari nasi merah tentu pilihan yang bijak juga. Memangnya, berapa sih kalori nasi merah per 1 centong itu?

Kalori Nasi Merah 1 Centong

(Kalori Nasi Merah 1 Centong, Foto: Theorganictree)

Menurut laporan Fatsecret, kalori 100 gram nasi merah itu 110 kkal. Kandungan lemak yang ada di dalamnya itu sangat kecil yaitu 0,89 gram, karbohidrat 22,78 gram, dan protein 2,56 gram.

Dilihat dari nilai gizi tersebut, tidak heram makanya banyak orang yang beralih dari nasi putih ke nasi merah. Terlebih kandungan lemak nasi merah yang ternyata kecil sekali.

BACA JUGA : Label Nutrisi Beras Merah yang Lebih Sehat dari Beras Putih

Itu kalau Anda makan 100 gram nasi merah, bagaimana kalau kalori nasi merah semangkok? Apakah kalorinya naik dua kali lipat lebih banyak?

BACA JUGA : Kamu Harus Tahu, Ini 5 Manfaat Pilih Makan Nasi Merah

Jawabannya iya, naik dua kali lipat lebih banyak. Masih dari laporan Fatsecret, kalori nasi merah semangkok iti 214 kkal. Kandungan gizinya pun otomatis naik, yaitu lemak sebanyak 1,74 gram, karbohidrat 44,42 gram, dan protein 4,99 gram.

Bila besaran kalori 100 gram masih dianggap aman untuk batas asupan harian Anda, maka Anda dapat memastikan asupan nasi merah per harinya itu berapa dengan menimbangnya terlebih dulu. Terkesan repot memang, tapi ini penting apalagi bagi Anda yang sudah diharuskan membatasi asupan kalori harian.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini