Share

5 Efek Samping Paling Umum Vaksin Covid-19 pada Anak

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 481 2615354 5-efek-samping-paling-umum-vaksin-covid-19-pada-anak-yRaFc1cxRq.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

AMERIKA Serikat akhirnya mengizinkan anak usia 6 bulan hingga 5 tahun disuntik vaksin Covid-19. Izin ini dikeluarkan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) memberikan lampu hijau pada vaksin-vaksin tersebut.

Adapun izin vaksin untuk anak-anak di usia 6 bulan adalah milik vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof, Dr. Zubairi Djoerban, SpPD KHOM menyebut, vaksin tersebut memang sudah terbukti aman bagi anak-anak.

"Vaksin Moderna dan Pfizer telah disetujui oleh FDA Amerika untuk digunakan anak usia 6 bulan sampai 5 tahun. Setelah mereka telah mempelajari memang dinilai oleh FDA data yang ada bahwa aman dan efektif untuk anak usia 6 bulan sampai 5 tahun," ujar Prof Zubairi kepada MNC Portal, Senin (20/6/2022)

Lebih lanjut, dijelaskan oleh Zubairi bahwa keamanan dan kemanjuran vaksin Pfizer dan Moderna itu berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

Dalam penelitiannya, disampaikan oleh Zubairi bahwa ada sekitar 5.400 anak dilaporkan tidak mendapatkan efek samping yang berat. "Pada penelitian 5.400 anak ternyata efektif dan dipenelitian tersebut tidak nampak efek samping yang berat," jelasnya

Berikut efek sampingnya

- Nyeri

- Kemerahan

- Tempat suntik bengkak

- Demam

- Pembesaran kelenjar ketiak

Menurutnya, memberikan informasi tambahan bahwa efektivitas dari vaksin ini, mencapai 50.6% untuk usia 6 sampai 23 bulan. Sementara untuk usia 2 sampai 5 tahun juga memberikan efektivitas 36.8% melawan Covid-19.

Sekadar informasi, penerbitan izin vaksin di Amerika ditandai dengan diterimanya rekomendasi Advisory Committee on Immunization Practices’ (ACIP) yang menyebut, bahwa anak-anak usia 6 bulan hingga setidaknya 5 tahun seharusnya bisa mendapat vaksinasi Covid-19, oleh Dr. Rochelle Walensky selaku Direktur CDC.

Pengesahan oleh Direktur CDC tersebut, menandai program vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak mulai di bawah usia 5 tahun itu bisa segera dimulai. CDC disebutkan lebih lanjut, menerima rekomendasi tersebut hanya beberapa jam setelah komite penasihat CDC memutuskan untuk mengeluarkan izin pemakaian vaksin Pfizer-BioNTech dan Moderna untuk anak-anak di usia 6 bulan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini