Share

Ini Obat untuk Mengatasi Cacing Tambang, Cegah Infeksi Makin Parah!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 481 2615479 ini-obat-untuk-mengatasi-cacing-tambang-cegah-infeksi-makin-parah-HvXjKDTl5b.jpg Obat untuk mengatasi cacing tambang (Foto: Healthline)

OBAT untuk mengatasi cacing tambang penting untuk Anda ketahui. Cacing tambang adalah parasit. Itu artinya cacing tambang hidup di tubuh seseorang. Penting bagi Anda untuk tahu obat cacing ini agar keparahan bisa diminimalisir.

Pada kebanyakan kasus, cacing tambang hidup di paru-paru, kulit, dan usus kecil. Manusia bisa diserang cacing tambah melalui larva cacing tambang yang ditemukan di kotoran yang terkontaminasi.

Karena itu, kebiasaan cuci tangan menjadi penting di sini, khususnya setelah Anda buang air besar atau membersihkan kotoran anak Anda. Kotoran yang terkontaminasi larva cacing bisa masuk ke tubuh.

Bicara soal gejala, infeksi cacing tambang biasanya ditandai dengan sakit perut, kram usus, mual, demam, ada darah di tinja, kehilangan nafsu makan, hingga gatal-gatal.

BACA JUGA : 5 Obat Cacing Alami yang Aman Dikonsumsi, Cepat Bunuh Parasit di Usus!

Obat untuk Mengatasi Cacing Tambang

(Obat untuk Mengatasi Cacing Tambang, Foto: Healthline)

Nah, bicara soal obat yang dipakai untuk mengatasi cacing tambang, ada beberapa jenis obat dipergunakan. Dijelaskan di laman Very Well Health, Selasa (21/6/2022), obat-obatan yang dipakai adalah obat anthelmintik seperti albendazole, mebendazole, dan pyrantel pamoate yang dirancang untuk membersihkan tubuh dari parasit.

"Obat-obatan ini diminum selama satu atau tiga hari berturut-turut, tergantung pada jenis obat dan dosisnya. Obat ini dapat diberikan ke anak-anak minimal 1 tahun," terang laporan kesehatan itu.

BACA JUGA : Biasa 6 Bulan Sekali, Amankah Ivermectin Diminum 5 Hari seperti pada Uji Klinik?

Selain obat anthelmintik, suplemen zat besi juga diperlukan untuk memaksimalkan pembunuhan caving tambang di tubuh. Perlu Anda tahu, adanya cacing tambang di tubuh bisa menyebabkan anemia dan karena itu zat besi diperlukan pada kasus ini.

Selain membunuh parasit dengan obat, Anda pun diminta untuk menjalankan pola hidup bersih dan sehat. Artinya, rajin cuci tangan setelah berada di tempat umum, mau makan, baru dari toilet umum, sehabis buang air besar, dan aktivitas lain yang membuat tangan Anda kotor.

Kemudian, disarankan pakai alas kaki saat berada di luar ruangan. Perhatikan juga makanan yang dikonsumsi, usahakan hanya makan makanan yang bersih dan sehat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini