Share

6 Rekomendasi PB IDI Guna Hadapi Kenaikan Kasus BA.4 dan BA.5, Simak Yuk!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 15:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 481 2615480 6-rekomendasi-pb-idi-guna-hadapi-kenaikan-kasus-ba-4-dan-ba-5-simak-yuk-lHpLhTTTTQ.jpg PB IDI mengeluarkan 6 rekomendasi (Foto: Sukardi)

 SAAT ini kemunculan varian Omicron BA.4 dan BA.5 harus diwaspadai oleh masyarakat. Apalalagi varian ini jauh lebih menular dari Omicron sebelumnya.

Guna menghadapi lonjakan kasus akibat varian ini, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengeluarkan enam rekomendasi untuk pemerintah maupun masyarakat di tengah ancaman BA.4 dan BA.5.

 PB IDI

"Aturan PCR/Antigen negatif untuk pelaku perjalanan direkomendasikan agar kembali diberlakukan, mengingat harga tes semakin murah," kata Dokter Erlina Burhan, Sp.P, ditemui langsung di Kantor PB IDI, Jakarta Pusat, Selasa (21/6/2022).

Lalu apa saja 6 Rekomendasi PB IDI tersebut?

1. Pemakaian masker di ruang terbuka kembali dianjurkan.

2. Aturan PCR negatif untuk pelaku perjalanan kembali diberlakukan (mengingat harga tes semakin murah).

3. Tingkatkan kembali kegiatan tracing dan testing.

4. Lakukan edukasi yang masif dan terus menerus tentang upaya pencegahan, karena pandemi belum berakhir (di tengah masyarakat yang sudah jenuh dengan pandemi).

5. Mengimbau pemangku kebijakan seperti Gubernur dan Bupati untuk melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan cakupan vaksinasi booster.

6. Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini