Share

KLHK Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Lingkungan, Yuk Mulai dari 3 Langkah Sederhana Ini

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 21 Juni 2022 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 21 612 2615570 klhk-ajak-masyarakat-jaga-kelestarian-lingkungan-yuk-mulai-dari-3-langkah-sederhana-ini-kJ8dQmqYRs.jpg Memilah sampah salah satu wujud pelestarian lingkungan (Foto: Timesofindia)

SELAMA lima dekade terakhir, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan manajemen lingkungan hidup melalui sejumlah inisiatif. Di tahun 2022, posisi Indonesia di G20 semakin kuat, isu lingkungan yang diangkat oleh Pemerintahan RI sejajar dengan hasil pertemuan pada G7.

Dirjen Pengelolaan Hutan Lestari (Dirjen PHL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Agus Justianto mengatakan, Diplomasi lingkungan melalui pengaturan norma yang kuat akan menjadi kekuatan Indonesia di dunia internasional. Namun, agar dapat menerapkan regulasi dan mencapai target-target lingkungan yang telah ditetapkan, masyarakat harus terus dilibatkan.

Hari Lungkungan Hidup Sedunia

"Karena hal ini bukan hanya urusan industri dan pebisnis. Konsep kebijakan yang telah dikembangkan oleh pemerintahan perlu diteruskan oleh kita, masyarakat Indonesia demi meningkatkan pengelolaan lingkungan hidup tanah air,” tutur Agus Justianto dalam dialog lintas generasi bertajuk “Sejuk Bersama Untuk Lingkungan” bersama Le Minerale dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, baru-baru ini.

BACA JUGA : Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup, Harus Hemat Air dan Listrik

Untuk melanjutkan berbagai inisiatif tersebut, KLHK RI terus mendorong upaya konservasi lingkungan melalui pelibatan industri serta masyarakat. Utamanya generasi muda dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan.

BACA JUGA : Dialog G20 soal Lingkungan, Pemerintah Pamer Instalasi Air Wudhu Daur Ulang di Istiqlal

Kepala Biro Humas KLHK RI, Nunu Anugrah, mengatakan, dalam perjalanan mengupayakan keberlanjutan, berbagai pemangku kepentingan harus dilibatkan, dari pemerintahan, pemain industri daur ulang, hingga masyarakat.

"Salah satu peran serta aktif swasta adalah dengan adanya Gerakan Ekonomi Sirkular Nasional Le Minerale. Kami mengapresiasi gerakan ini sebagai salah satu langkah konkret dalam menerjemahkan solusi internasional ke solusi lokal. Masyarakat Indonesia harus living by example dengan melakukan aksi-aksi untuk melestarikan lingkungan,” ungkapnya.

Tiga langkah sederhana yang dapat dilakukan masyarakat telah dijabarkan melalui dialog hari ini, yaitu dengan memilah sampah, melakukan daur ulang, serta memilih kemasan plastik berukuran besar saat menggunakan plastik.

“Kemasan plastik berukuran besar memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi karena dapat ditemukan secara lebih mudah dan memiliki berat masa yang dapat terukur lebih baik. Dengan langkah-langkah kecil yang dilakukan, keluarga bisa berkontribusi besar bagi lingkungan, seperti memimimalisir sampah yang berakhir ke laut, menjaga keanekaragaman hayati, mengurangi emisi karbon plastik, dan mendukung ekonomi sirkular,” ujar Christine Halim, Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini