Share

4 Mi Asli China yang Populer di Berbagai Penjuru Dunia

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 298 2616167 4-mi-asli-china-yang-populer-di-berbagai-penjuru-dunia-GfdsREmDPs.jpg Ilustrasi Mi khas China. (Foto: Highend)

MI memang menjadi makanan khas di China, karena menjadi simbol umur panjang. Masyarakat Tionghoa memang sangat gemar sekali mengonsumsi mie yang menjadi makanan utama mereka sebagai sumber karbohidrat.

Mi juga bisa dilambangkan sebagai kebahagiaan dan rezeki yang tidak terputus. Itulah sebabnya negara China memiliki beraneka ragam jenis mie yang populer ke berbagai penjuru dunia, berikut ulasannya.

Liang Mian

Mi khas China

Liang mian ini berasal dari Tiongkok daratan hingga ke Taiwan. Liang mian ini sendiri merupakan mie dingin yang biasa disajikan di saat musim panas.

Karena biasa disajikan menjadi mie dingin, tekstur lang mian ini berbeda dibandingkan dengan mie yang biasa direbus. Dari bentuknya, liang mian ini memiliki bentuk yang lebih besar dan tebal. Meski biasa disajikan menjadi mie dingin, liang mian juga bisa disajikan dengan kuah.

 

Mie Biangbiang

Mi khas China

Mie biangbiang juga dikenal sebagai mie ikat karena lebar dan panjangnya. Mi yang satu ini adalah makanan khas provinsi Shaanxi di Tiongkok. Mie Biang Biang biasanya diberi sayuran dan rempah-rempah seperti daun bawang, bawang putih, daun bawang, ketumbar, merica Sichuan, jintan, dan cabai.

Dan Dan Mian

Mi khas China

Dan Dan Mian berasal Chengdu merupakan ibu kota Provinsi Sichuan, dimana tempat asal merica sichuan yang terkenal menyengat. Mie dandan merupakan mie tipis pedas yang panjang dengan saus yang terbuat dari sayuran yang diawetkan, biasanya batang sawi bagian bawah atau atas, merica Sichuan, minyak cabai, daging babi cincang, cabai segar, dan daun bawang.

Mie Beras Guilin

Mi khas China

Mie guilin terdiri dari mie, irisan tipis berbagai jenis daging, kuah, kacang tanah atau kedelai goreng, dan daun bawang. Hidangan lezat ini juga diberi lebih banyak bumbu seperti cabai, daun bawang, acar lobak putih, acar kacang, dan dengan saus sambal.

Mie beras adalah salah satu jenis hidangan paling populer yang disantap untuk sarapan khas Guilin, dan hidangan ini bisa ditemui dijual di hampir setiap jalan.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini