Share

5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dipanggang, Ada Udang!

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 20:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 298 2616397 5-makanan-yang-sebaiknya-tidak-dipanggang-ada-udang-6Jp58JOTze.JPG Udang kupas (Foto: Freepik)

MEMANGGANG jadi salah satu metode cara memasak yang disukai banyak orang. Selain relatif mudah dan menghasilkan rasa yang lezat, cara memasak satu ini dianggap jauh lebih sehat daripada menggoreng.

Well, dari kacamata chef profesional, penulis buku memasak, hingga ahli memanggang, ternyata ada loh beberapa makanan yang disebutkan tidak direkomendasikan untuk dipanggang. Mewarta Huffingtonpost, Rabu (22/6/2022) ini dia paparan singkat lima jenis makanan yang tidak direkomendasikan untuk dipanggang.

1. Ikan bersisik: Joonas Jokiniemi, koki profesional menyebutkan “ikan kering dan bersisik tidak baik untuk dipanggang. Sebab, ikan jenis ini sangat halus dan mudah menempel pada panggangan dan berantakan. Selain itu, ikan seperti ini juga gampang menjadi kering dan hambar saat dipanggang.

2. Brisket: Brisket yang padat paling baik jika direbus atau dimasak dengan metode slow cooked. Brisket atau sandung lamur cenderung memiliki tekstur yang keras ketika tidak diberi waktu untuk memecah jaringan ikatnya dan melepaskan jusnya, itulah sebabnya ia paling baik dimasak dengan cara slow cook, bukan dipanggang.

 BACA JUGA:12 Makanan Sehat untuk Pencernaan, Ampuh Kurangi Kembung hingga Sembelit

3. Udang kupas: Udang bakar memang lezat, dengan cita rasa smokey dan manis bersamaan. Namun, kunci udang bakar berkualitas tinggi adalah dengan menjaga kulitnya. Maka dari itu, Chef Mareya Ibrahim menyebut udang kupas tidak terlalu enak ketika dimasak dengan cara dipanggang. Sebab. cenderung terlalu mudah mengering dan gampang terlalu matang.

4. Kerang: Seafood satu ini disebut Chef Nathan Voorheesb punya level kesulitan tinggi jika dimasak dengan cara dipanggang. Ia pribadi tidak merekomendasikan kerang atau scallop untuk dipanggang. Pasalnya, kerang adalah protein tanpa lemak dan bisa matang dengan cepat, cenderung mengering di atas panggangan.

5. Tahu: Tidak semua protein vegan cocok untuk dipanggang, misalnya tahu. Tahu ketika dipanggang akan jadi berantakan dan rasanya tidak enak, kata Chef Josh Healy. Sebaliknya, ia lebih suka tahu itu digoreng untuk hasil yang renyah dan dimakan dengan cara dicocol saus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini