Share

Cara Mudah Jaga Asupan Gizi Seimbang Anak di Tengah Pandemi Covid-19

Kevi Laras, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 481 2615864 cara-mudah-jaga-asupan-gizi-seimbang-anak-di-tengah-pandemi-covid-19-4gWEiR1cfP.JPG Ilustrasi (Foto: Freepik)

PEMENUHAN kebutuhan gizi sehat dan seimbang pada anak perlu sangat diperhatikan oleh para orang tua. Terlebih di situasi seperti saat ini, di tengah pandemi Covid-19 dan banyak ancaman penyakit lainnya yang mengintai, seperti hepatitis akut.

Pemenuhan gizi anak, seperti disampaikan spesialis kesehatan anak, Prof, Dr. dr. Rini Sekartini, So.A(K), bisa dimulai sejak waktu sarapan. Anak-anak ditekankan untuk membawa makanan dari rumah, agar  apa yang dimakan sehari-hari bisa diawasi oleh orang tua.

“Asupan masih sama ya seperti di awal (gizi seimbang) di mana anak-anak diutamakan dengan membawa makanan dari rumah. Kalau sekolah harus sarapan dulu,” kata Prof. Rini, saat ditemui dalam suatu acara di Jakarta baru-baru ini.

Tidak hanya ditunjang dari makanan sehat, pemenuhan gizi seimbang juga bisa ditambahkan dengan pemberian suplemen multivitamin, misalnya vitamin C dan D.

“Bawa snack dan juga menambahkan multivitamin," tambahnya.

Sementara untuk kebutuhan protein yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak, kata Prof Rini bisa diperoleh dari sumber protein hewani. Seperti telur dan susu, menjadi pilihan terjangkau dan mudah, untuk pemenuhan gizi mencegah stunting pada anak.

"Protein dianggap berfungsi dapat mencegah stunting. Protein itu dulu kan nabati, dan sekarang ada penelitian tentang stunting harus memenuhi protein hewani seperti telur dan susu, ini paling bermakna untuk stunting," pungkas Prof. Rini

Sebagai informasi, dari studi SEANUTS II di Indonesia, kasus stunted atau stunting masih banyak ditemukan pada anak-anak di wilayah Jawa dan Sumatera dengan pravelensi sebesar 28,4 persen. Sementara itu, hampir 15 persen anak usia tujuh hingga 12 tahun memiliki kelebihan berat badan atau obesitas.

 BACA JUGA:Cegah Hepatitis Misterius, Orangtua Diminta Perhatikan Kesehatan Anaknya

BACA JUGA:Kaya Nutrisi, Ini Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan Anak

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini