Share

10 Penyebab Sakit Rahang dan Cara Mengatasinya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 481 2616017 10-penyebab-sakit-rahang-dan-cara-mengatasinya-pZi6V7pMSY.jpeg Penyebab sakit rahang dan cara mengatasinya (Foto: Healthline)

PENYEBAB sakit rahang dan cara mengatasinya penting untuk Anda ketahui. Karena, sakit rahang bukan penyakit yang bisa disepelekan.

Pada kondisi lebih serius, saking rahang bisa memengaruhi kemampuan seseorang untuk makan dan berbicara. Penyebab sakit rahang beragam, mulai dari sinus, sakit gigi, hingga temporomandibular joint and muscle disorder (TMD).

Karena banyaknya kemungkinan penyebab sakit rahang, itu mengapa pemeriksaan lebih intens yang dilakukan oleh dokter diperlukan. Ini penting untuk menentukan penanganan yang akan didapat, sehingga kesembuhan bisa lebih cepat didapat.

Diterangkan dalam laman Healthline, Rabu (22/6/2022), sebagian besar kasus sakit rahang itu disebabkan oleh kelainan atau cedera pada sendi rahang, meski ada kemungkinan penyebab lain. Nah, di artikel ini MNC Portal coba menjabarkan lebih jauh soal penyebab sakit rahang.

1. Temporomandibular joint and muscle disorder (TMD)

Penyebab Sakit Rahang dan Cara Mengatasinya

(Penyebab Sakit Rahang dan Cara Mengatasinya, Foto: Healthline)

TMD adalah penyebab paling umum sakit rahang. Sendi temporomandibular sendiri adalah sendi engsel di setiap sisi rahang Anda. TMD bisa terjadi karena beberapa alasan, misal cedera sendi rahang, stimulasi berlebihan pada sendi rahang, hingga radang sendi pada cakram pelindung yang melindungi sendi rahang.

2. Sakit kepala cluster

Sakit kepala jenis ini biasanya menyebabkan rasa sakit di area belakang atau sekitar salah satu mata. Namun, sialnya rasa sakit bisa sampai menyebar ke rahang. Sakit kepala cluster termasuk dalam salah satu sakit kepala paling menyakitkan.

BACA JUGA : Sarwendah Idap Penyakit Langka di Batang Otak, Simak Beda Sakit Kepala Biasa dengan Gejala Stroke

3. Masalah sinus

Sinus adalah rongga berisi udara yang terletak dekat dengan sendi rahang. Jika sinus terinfeksi kuman seperti virus atau bakteri, itu bisa menghasilkan lendir berlebih yang menekan sendi rahang sehingga menyebabkan rasa sakit di rahang.

BACA JUGA : Alami Gejala Sinusitis, Ini Cara Penanganannya yang Tepat

4. Sakit gigi

Infeksi gigi parah yang dikenal sebagai abses gigi terkadang menyebabkan nyeri yang bisa menjalar ke rahang.

5. Neuralgia trigeminal

Kondisi ini paling sering disebabkan oleh kompresi saraf pada saraf trigeminal yang memberikan sensasi ke sebagian besar wajah, termasuk rahang atas dan bawah.

6. Serangan jantung

Ya, serangan jantung tak hanya menyebabkan nyeri di dada, tapi juga lengan, punggung, leher, bahkan rahang. Wanita dilaporkan paling sering mengalami sakit rahang, tepatnya di sisi kiri wajah, selama serangan jantung berlangsung.

7. Stres

Stres juga menjadi alasan lain Anda sakit rahang. Ini terjadi karena pada beberapa orang, ketika mereka stres, mereka mengatupkan gigi atau menggeretakkan gigi yang bisa membuat rahang sakit.

8. Mengunyah permen karet secara 'lebay'

Mengunyah permen karet secara lebay jadi penyebab lain sakit rahang. Hal ini terjadi karena gigi terus mengunyah dan ketika aktivitas itu dilakukan berlebihan bisa menyebabkan sakit rahang.

9. Gigi ompong

Punya gigi ompong ternyata memicu risiko sakit rahang. Hal ini terjadi karena gigi yang hilang menyebabkan gigi di sekitarnya menjadi super erupsi yang pada akhirnya menyebabkan kerusakan jaringan gusi atau stres TMD yang berkaitan dengan sakit rahang.

10. Maloklusi

Maloklusi atau gigitan yang tidak tepat juga jadi penyebab lagi seseorang mengalami sakit rahang. Gigitan yang tidak sejajar dapat meningkatkan risiko masalah gigi serius, termasuk sakit rahang. Sayangnya, kebiasaan ini kadang tidak disadari oleh si individu.

Setelah memahami dari mana asal sakit rahang, kini Anda pun perlu tahu bagaimana cara mengobati sakit rahang mulai dari yang paling sederhana atau pun mengandalkan dokter untuk mengatasinya.

So, bagaimana mengobati sakit rahang?

Untuk pertolongan pertama, Anda bisa mengandalkan kompres es ke bagian rahang yang sakit. Kompres es ini disarankan dilakukan 10 menit.

Jika kompres es belum memberi efek yang masif, Anda bisa mengandalkan obat-obatan seperti ibuprofen dan acetaminophen yang dapat mengurangi ketidaknyamanan akibat sakit rahang.

Cara lain yang direkomendasikan adalah pijat area rahang yang sakit dengan jari telunjuk dan jari tengah secara lembut. Putar kedua jari tersebut dalam 5 hingga 10 putaran, lalu buka mulut Anda dan ulangi pijatan. Pijatan di area rahang yang sakit dapat membantu meredakan ketegangan.

Selain itu, cara mengobati sakit rahang lainnya adalah dengan mengurangi stres, misal yoga atau meditasi. Kemudian, pastikan Anda menghindari makanan kenyal dan cobalah untuk jauhi kafein.

Pada kasus yang lebih serius, operasi rahang menjadi pilihan terakhir yang akan disarankan ke pasien sakit rahang. Operasi rahang dilakukan untuk memperbaiki masalah TMD yang menjadi penyebab paling umum sakit rahang.

"Operasi rahang dilakukan pada orang-orang dengan nyeri parah dan sakit menahun yang disebabkan oleh masalah struktural sendi rahang," terang laman Healthline tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini