Share

Tikus Bawa Penyakit Leptospirosis, Simak Cara Mengusirnya dari Rumah!

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 05:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 481 2616047 tikus-bawa-penyakit-leptospirosis-simak-cara-mengusirnya-dari-rumah-UEJlzyn3sM.jpg Tikus menimbulkan penyakit (Foto: Geb cat)

TIKUS merupakan binatang pengerat yang bisa membawa bibit penyakit Leptospirosis. Oleh karena itu masyarakat harus makin waspada terhadap keberadaan tikus.

Jika ada genangan air harus dibersihkan agar tak dikencingi tikus yang berpenyakit. Dilansir dari Heathline, setelah Anda mengetahui keberadaan tikus, cobalah berbagai cara berikut untuk mengusir tikus!

 kucing

1. Memelihara kucing

Jika tidak ada seorang pun di keluarga Anda yang memiliki alergi kucing, memelihara kucing mungkin merupakan cara termudah untuk menyingkirkan tikus. Jika kucing bukan pilihan, belilah kotoran kucing dan sebarkan di daerah yang paling sering dikunjungi tikus. Ini bisa bertindak sebagai pencegah. Pastikan untuk membuang kotoran kucing jauh dari jangkauan anak-anak.

2. Gunakan minyak esensial

Aroma kuat minyak peppermint dan minyak cengkeh bisa mengusir tikus. Bola kapas dengan minyak esensial ini dan letakkan di area yang menarik tikus seperti laci, lemari, dan pintu masuk rumah. Meskipun baunya saja tidak cukup untuk menghilangkan tikus sepenuhnya, hal ini dapat bekerja bersama dengan metode lain.

 BACA JUGA:Unik, Warga Spanyol Sering Gelar Festival Lempar Bangkai Tikus

3. Atur jebakan

Membuat jebakan sewajarnya membuat tikus tetap hidup sehingga Anda bisa melepaskannya. Tempatkan perangkap di area rumah Anda yang paling sering dikunjungi tikus dan periksa setiap pagi. Tikus umumnya keluar mencari makanan di malam hari. Contoh suguhan lezat untuk menarik tikus termasuk selai kacang, keju, dan popcorn yang diberi mentega.

Pastikan untuk melepaskan tikus yang Anda tangkap setidaknya satu mil jauhnya dari rumah Anda, dan lebih baik tidak di daerah yang dihuni. Jangan menyentuh tikus secara langsung untuk menghindari penyakit yang mungkin mereka bawa.

4. Menggunakan cabai

Umpan racun mungkin tampak seperti solusi mudah, tetapi bisa juga berisiko. Racun bisa membuat sakit hewan peliharaan dan anak-anak di rumah Anda, jadi lebih aman untuk bertahan dengan umpan dan perawatan yang tidak beracun. Cobalah menggunakan larutan cabai. Semprotkan di tempat tikus sering berkunjung, seperti di bawah kompor atau di belakang lemari.

5. Tutup dengan lakban

Setelah Anda mengidentifikasi beberapa titik masuk yang digunakan tikus, seperti di bawah wastafel di sekitar pipa atau di belakang lemari tempat terdapat kabel, tutupi dengan lakban.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini