Share

Pemerintah Diminta Kaji Lagi Kebijakan Pelonggaran Masker

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 481 2616120 pemerintah-diminta-kaji-lagi-kebijakan-pelonggaran-masker-gMXd9Tas8R.jpg Pemakaian masker dilonggarkan (Foto: istock)

KETUA Bidang Penanganan Penyakit Menular PB IDI Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K) meminta pemerintah mengkaji kembali kebijakan lepas masker di tempat umum, serta meminta pemerintah dan masyarakat untuk menggiatkan kembali vaksinasi booster untuk Covid-19.

Masyarakat juga diminta untuk tetap melakukan protokol kesehatan ketat seperti mengenakan masker, mencuci tangan, dan menggunakan hand sanitizer.

 pelonggaran masker

Ini perlu dilakukan sebab masih ada ancaman Covid-19, seperti varian BA.4 dan BA.5. Oleh karena itu pemakaian masker masih perlu digalakkan.

 BACA JUGA:Di Luar Ruangan, PB IDI Tetap Minta Warga Pakai Masker

“Kami juga mengingatkan masyarakat untuk waspada akan penyakit lainnya yang muncul di musim pancaroba ini, seperti demam berdarah dengue, cacar monyet, hepatitis akut, serta sejumlah penyakit lainnya yang berpotensi timbul.” kata Dokter Agus.

Seperti dilansir dari Antara, Dokter Agus mengingatkan meski kasus cacar monyet masih belum ditemukan di Indonesia, namun dia meminta masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan supaya penyakit tersebut tidak menjadi wabah atau kejadian luar biasa (KLB).

Selain itu Dr Eka Mulyana, SpOT(K) dari Bidang Advokasi Tim Mitigasi IDI juga meminta tenaga kesehatan medis baik dokter umum, maupun dokter spesialis untuk tetap waspada pada kasus Covid-19 dan juga penyakit menular lainnya.

“Setelah bulan Maret 2022, belum ada tercatat dokter meninggal karena Covid-19. Meski demikian, kami menghimbau rekan sejawat dokter dan dokter spesialis tetap menjalankan protokol kesehatan ketat dan mengenakan APD lengkap saat penanganan kasus COVID-19,” kata dr Eka Mulyana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini