Share

9 Cara Menjaga Keseimbangan pH Vagina, Yuk Cegah Bau Tak Sedap

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 21:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 481 2616224 9-cara-menjaga-keseimbangan-ph-vagina-yuk-cegah-bau-tak-sedap-dyJPMH6Hm8.jpg Ilustrasi Menjaga Kesehatan Vagina. (Foto: Shutterstock)

MENJAGA agar pH vagina memang sangat penting, agar tidak menimbulkan gatal hingga bau tak sedap. Adapun kadar pH normal vagina berada di angka 3,8-4,5.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, saat kadar pH tidak terjaga, vagina akan rentan terkena bakteri dan jamur. Karenanya, sangat penting untuk menjaga agar pH vagina seimbang.

Bagaimana cara membuat pH vagina normal? Berikut beberapa makanan yang perlu dikonsumsi dan cara mengembalikan pH Miss V yang penting lainnya:

Miss V

Konsumsi Probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik di dalam tubuh, termasuk vagina. Jumlah probiotik yang tidak seimbang bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri dan jamur yang memicu infeksi.

Infeksi bakteri biasanya akan diobati dengan antibiotik. Namun, antibiotik bisa membunuh bakteri baik, yang akhirnya membuat pH vagina meningkat dan menjadi lebih basa serta memicu patogen tumbuh.

Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi serat supaya kadar probiotik di dalam tubuh tetap seimbang. Makanan atau minuman probiotik antara lain yoghurt, acar, kombucha, roti sourdough, sup miso, dan sebagainya. Anda mungkin juga bisa mendapatkan probiotik melalui suplemen. Namun, harap berkonsultasi dulu kepada dokter.

Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang bisa melawan infeksi vagina. Anda bisa memasukkan bawang putih dalam menu makan sehari-hari ataupun mengonsumsi suplemen bawang putih. Namun, hindari memasukkan bawang putih langsung ke vagina ataupun mengoleskannya.

Bila mengonsumsi suplemen bawang putih, pastikan mengikuti dosis yang tepat. Konsumsi dalam jumlah banyak bisa meningkatkan risiko perdarahan dan mengganggu efektivitas beberapa obat yang sedang Anda konsumsi.

Cuka Apel

Cuka apel bisa membantu menyeimbangkan kadar pH vagina karena sifat antibakteri dan antijamur di dalamnya. Tapi, Anda hanya bisa meminum cuka apel yang telah diencerkan ataupun dalam bentuk suplemen. Hindari menggunakannya langsung pada vagina, karena bisa berbahaya bagi jaringan vagina dan keseimbangan pH.

Penuhi Kebutuhan Cairan

Cara menjaga keasaman Miss V yang tepat berikutnya adalah minum air putih dalam jumlah cukup. Langkah ini bisa mengatur ekosistem di vagina dan membuang racun. Saat kekurangan cairan, gatal di sekitar vagina bisa muncul ataupun memperburuk infeksi jamur vagina. Melansir Verywell Health, idealnya wanita harus minum air sekitar 2,7 liter per hari.

Mengelola Stres

Stres akan meningkatkan kortisol di dalam tubuh. Kadar kortisol yang tinggi bisa mengganggu keseimbangan asam basa di vagina. Untuk itu, usahakan kelola stres dengan baik supaya pH vagina kembali seimbang. Anda bisa rutin berolahraga, diet sehat, istirahat cukup, dan lainnya untuk mengurangi stres.

Kurangi Asupan Gula

Konsumsi makanan atau minuman manis tentu bisa meningkatkan kadar gula di dalam tubuh. Bila glukosa tubuh tinggi, pH vagina bisa meningkat dan memicu pertumbuhan jamur.

Cara membuat pH vagina normal yang perlu dilakukan ialah mengurangi konsumsi makanan dan minuman tinggi gula, seperti alkohol, soda, roti atau pasta olahan, es krim, dan permen. Begitu pula dengan konsumsi buah. Meski menyehatkan, buah-buahan juga mengandung gula. Konsumsilah secukupnya agar pH vagina tetap normal.

Hindari Douching

Douching merupakan cara membersihkan bagian dalam vagina menggunakan cairan khusus. Tindakan ini sebenarnya tidak disarankan karena bisa membuat pH vagina tidak seimbang dan mengganggu flora vagina.

Melansir Medical News Today, douching akan membunuh bakteri baik di vagina, yang akhirnya akan memengaruhi keseimbangan pH vagina. Hal ini bisa meningkatkan risiko infeksi vagina.

Gunakan Pakaian Dalam Katun

Kain-kain sintetis seperti microfiber, nilon, poliester, dan lainnya tidak bisa menyerap keringat dan membuat area vagina lembap. Kondisi ini akan membuat bakteri dan jamur tumbuh. Dokter Dyah Novita menyarankan penggunaan pakaian dalam berbahan katun sebagai salah satu cara menjaga agar pH vagina seimbang.

“Penggunaan pakaian dalam berbahan katun dapat menyerap keringat, sehingga tidak membuat area vagina lembap dan keseimbangan pH tetap terjaga,” ujarnya.

Gunakan Kondom Saat Berhubungan Seksual

Bila ingin pH vagina seimbang, sebaiknya pakai kondom saat berhubungan seksual. Pasalnya, air mani memiliki kadar pH yang tinggi antara 7,1-8. Berhubungan seks tanpa kondom bisa meningkatkan kadar pH vagina. Pemakaian kondom akan melindungi vagina dari paparan pH air mani yang tinggi.

Itu dia cara-cara menjaga keseimbangan pH vagina. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan vagina, konsultasi kepada dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini