Share

Catat Bestie! Ini 5 Cara Dasar Jaga Kesehatan dan Kilau Rambut

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 611 2616374 catat-bestie-ini-5-cara-dasar-jaga-kesehatan-dan-kilau-rambut-9jBBST5gHv.JPG Rambut sehat dan berkilau (Foto: Freepik)

KEBANYAKAN wanita mengidam-idamkan memiliki rambut sehat dan berkilau. Namun, polusi dan penggunaan produk penataan rambut berlebihan seperti pewarna, bakal merusak rambut, membuatnya tipis, kering, dan rapuh.

Perawatan salon yang profesional memang penting, namun semua ini hanya akan sia-sia jika perawatan dasar sendiri di rumah tidak diperhatikan. Maka dari itu, kita penting untuk mengetahui cara dasar merawat kesehatan dan kilau rambut. Melansir Stylecraze, Rabu (22/6/2022), ini dia ulasan tips mudah merawat kesehatan dan kilau rambut

1.Lindungi dari sinar matahari: Langkah pertama dalam merawat rambut sehat dan tetap berkilau adalah melindungi rambut Anda sendiri. Contoh perlindungan itu menghindari dari sinar matahari, angin, dan hujan. Paparan sinar matahari yang berlebihan, bercampur dengan panas, kotoran, dan polusi menyebabkan penumpukan kotoran, mengeringkan rambut dan kulit kepala, bahkan parahnya bisa meningkatkan kerentanan terhadap infeksi pada kulit kepala.

2.Jangan gosok kulit kepala terlalu keras: Rambut basah sangat rapuh dan mudah patah. Saat basah, batang dan akar rambut lebih rentan mengalami kerusakan. Maka dari itu jangan terlalu keras menggosok kulit kepala saat keramas. Alih-alih bersih, malah menyebabkan kerusakan.

3. Pakai kondisioner dengan cara tepat: Mulailah mengoles kondisioner sekitar 2 inci dari kulit kepala. Terlalu banyak kondisioner pada kulit kepala hanya akan membuat rambut justru jadi terlalu berminyak dan lepek.

4. Hindari panas saat mengeringkan rambut: Hindari penggunaan panas pada rambut, contohnya dengan hair dryer. Panas menghilangkan kadar air dari rambut, dan membuatnya kering dan keriting. Ketika menggunakan hair dryer secara berlebihan, itu juga bisa membakar rambut. Maka dari itu pakai hair dryer atau catokan hanya hanya jika diperlukan, dan jangan lupa untuk pakai dulu minyak ataupun semprotan pelindung rambut.

5. Jangan pakai ikat rambut terlalu ketat: Hindari menggunakan ikat rambut yang terlalu ketat. Sebagai gantinya, pilih scrunchies dengan kain di sekelilingnya. Ikatan rambut yang ketat, cenderung menarik rambut ke belakang dengan sangat kencang. Sehingga malah akan meningkatkan gesekan rambut dan dapat menyebabkan kerusakan atau patah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini