Share

Mengenal Apa Itu Purging Pada Kulit Wajah

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 22 Juni 2022 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 22 611 2616436 mengenal-apa-itu-purging-pada-kulit-wajah-gdr8XzaUd3.JPG Purging (Foto: Freepik)

MENEMUKAN produk skincare yang cocok untuk perawatan kulit wajah memang tak mudah. Seringkali banyak orang, terutama wanita yang kerap berganti-ganti produk skincare sampai akhirnya bisa bertemu dengan produk yang tepat.

Mengubah rangkaian perawatan kulit, misalnya dengan menambahkan bahan baru ke step yang sudah ada, dapat membuat kulit wajah kewalahan. Salah satunya bisa mengakibatkan terjadinya yang biasa disebut purging, atau pembersihan kulit.

Sebetulnya apa sih yang dimaksud purging yang familiar terdengar belakangan ini? Well, seperti disampaikan Dr Deanne Mraz Robinson, dari Ideal Image jaringan klinik estetika dan kesehatan medis Amerika, purging ini merupakan reaksi wajar yang ditimbulkan oleh kulit.

“Pembersihan kulit atau purging, mengacu pada reaksi terhadap bahan aktif yang meningkatkan tingkat pergantian sel kulit,” jelas Dr. Deanne Mraz Robinson, dikutip dari South China Morning Post, Rabu (22/6/2022).

BACA JUGA:Mengenal Teknologi SmartXide Touch dot Laser, Solusi Mengatasi Masalah Kulit Wajah

BACA JUGA:Tak Cuma Cantik, Rajin Perawatan Kulit Wajah di Masa Pandemi Bikin Bahagia

“Saat pergantian sel kulit semakin cepat, kulit mulai melepaskan sel-sel kulit mati lebih cepat dari biasanya. Tujuannya untuk mengekspos sel-sel kulit segar di bawahnya dan memperlihatkan kulit yang lebih bersih dan tampak lebih muda,” lanjutnya.

Secara umum, kulit akan beregenerasi setiap 28 hari sekali. Nah, saat bahan aktif ditambahkan ke rangkaian skincare, proses regenerasi kulit ini akan dipercepat. Hal ini menyebabkan purging, yang hadir dalam wujud kombinasi komedo, whiteheads, papula dan kista pada kulit kering atau mengelupasnya kulit serta kulit yang bertambah sensitif.

Meski tujuan dari proses purging ini adalah tampilan kulit wajah yang lebih sehat dan bersih, tapi tak ditampik memang momen purging ini bisa membuat frustasi, karena kulit menjadi lebih buruk terlebih dahulu sebelum menjadi lebih baik.

Sebab, sebelum sel-sel sehat kulitjadi terbuka, semua hal yang terperangkap di dalam pori-pori kulit wajah misalnya sebum, bakteri, kotoran, dan kulit mati harus dibersihkan. Nah, kabar baiknya, purging ini bersifat sementara dan merupakan tanda bahwa produk baru skincare yang dipakai bekerja dengan baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini