Share

Vaksin Moderna Tunjukkan Respon Baik Hadapi Varian BA.4 dan BA.5, Bakal Jadi Kandidat Booster?

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 481 2616657 vaksin-moderna-tunjukkan-respon-baik-hadapi-varian-ba-4-dan-ba-5-bakal-jadi-kandidat-booster-yekyowdbwa.JPG Vaksin Covid-19 Moderna (Foto: Reuters/Dado Ruvic)

PRODUSEN vaksin Covid-19, Moderna Inc mengumumkan bahwa vaksin yang mereka kembangkan saat ini, menunjukkan potensi yang baik untuk digunakan melawam subvarian Omicron terbaru, BA.4 dan BA.5.

Rabu 22 Juni kemarin, seperti dilapor Montreal Gazette, Kamis (23/6/2022) Moderna menyebut bahwa bivalen kandidat vaksin booster mereka menunjukkan respons antibodi penetralisir yang kuat terhadap subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang saat ini tengah merebak di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Moderna mengklaim, berdasarkan data terbaru memperlihatkan satu bulan paska pemberian vaksin dengan dosis 50 mikrogram, tingkat antibodi terhadap dua subvarian tersebut naik lebih dari lima kali lipat di atas baseline terlepas dari infeksi sebelumnya.

BACA JUGA:CEO Moderna Sebut Vaksin Covid-19 Khusus Omicron Siap Edar Agustus 2022

BACA JUGA:Seberapa Efektif Vaksin Covid-19 Atasi Varian BA.4 dan BA.5?

Dalam beberapa pekan mendatang, Moderna sendiri diketahui berencana untuk mengajukan permohonan izin ke regulator kesehatan untuk memperbarui komposisi dosis booster, yang digadang-gadang akan siap pada musim gugur tahun ini.

Chief Executive Moderna, Stéphane Bancel mengatakan pihaknya sedang mempersiapkan untuk memasok suntikan booster mulai Agustus mendatang, menjelang potensi peningkatan infeksi karena subvarian Omicron.

Subvarian Omicron, varian BA.4 dan BA.5 sendiri saat ini bahkan sudah ditetapkan masuk dalam daftar varian yang harus diwaspadai, atau variant of concern (VoC) oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini