Share

Cegah Penularan BA.4 dan BA.5, Yuk Rajin Ganti Masker 4 Jam Sekali!

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 481 2616679 cegah-penularan-ba-4-dan-ba-5-yuk-rajin-ganti-masker-4-jam-sekali-ybFoZ55px2.JPG Pakai masker (Foto: Freepik)

DUA subvarian baru dari varian Omicron, BA.4 dan BA.5 di dunia memicu kenaikan kasus Covid-19 di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Sama seperti Omicron versi awal, turunan dari Omicron terbaru ini juga punya karakter yang sangat mudah menular dari satu orang ke orang lainnya. Ini artinya, setiap orang harus melindungi diri melakukan segala upaya pencegahan agar jangan sampai tertular.

Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Covid-19, dr.Reisa Broto Asmoro, menyebut salah satu protokol kesehatan paling mendasar yang harus diperhatikan setiap orang adalah penggunaan masker dengan baik dan bersih sehari-hari.

Ia mengingatkan masyarakat, untuk tidak lupa mengganti masker per empat hingga enam jam setiap harinya. Jika masker sudah tak layak untuk dipakai, misalnya karena basah atau kotor.

"Berdasarkan penelitian penularan lebih cepat. Jadi masih penting dan efektif penggunaan masker, dan ganti masker bila kotor atau basah, minimal 4 sampai 6 jam sekali ganti masker," kata dr. Reisa dalam acara Siaran Sehat, baru-baru ini. 

Selain penggunaan masker yang tepat, dokter Reisa mengimbau kesadaran diri dari setiap orang untuk mau menjalani tes Covid-19 jika mengalami sakit. Pasalnya, BA.4 dan BA.5 hadir dengan gejala gejala cukup ringan seperti flu atau influenza biasa, yang menyebabkan bias bagi banyak orang.

"Karena memang gejalanya Covid ini seperti influenza sehingga sulit dibedakan, jadi diperlukan melakukan testing Covid-19 yakni swab PCR atau antigen," tutupnya singkat.

BACA JUGA:Studi: Penyintas Omicron Versi Awal Kurang Terlindungi dari Varian BA.4 dan BA.5

BACA JUGA:Panel WHO Sebut Vaksin Covid-19 Khusus Omicron Bisa untuk Booster

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini