Share

Ini 4 Stadium Dekubitus, Kondisi yang Sempat Dialami Mendiang Rima Melati

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 481 2617005 ini-4-stadium-dekubitus-kondisi-yang-sempat-dialami-mendiang-rima-melati-ZIqQyYrSVs.JPG Rima Melati (Foto: GO Spot)

AKTRIS Rima Melati menghembuskan napas terakhirnya pada hari ini, Kamis 23 Juni 2022. Sebelum meninggal dunia, aktris senior legendaris peraih Piala Citra itu diketahui sempat mengalami kondisi yang disebut dekubitus.

Dekubitus atau lengkapnya, ulkus dekubitus adalah luka akibat tekanan, merupakan luka pada kulit dan jaringan di bawahnya yang biasanya terjadi pada tonjolan tulang.

Kondisi ini muncul akibat adanya gaya gesek, peregangan kulit dan tekanan konstan dalam waktu lama ke area tubuh tertentu. Penurunan aliran darah ke area ini menyebabkan kerusakan jaringan dan kematian. Kondisi seperti ini, disebutkan umum dialami oleh orang tua.

Merangkum Healthline yang sudah ditinjau secara medis oleh Dr. Stella Bard, MD, Kamis (23/6/2022), kondisi ulkus dekubitus terjadi secara bertahap, terdiri dari 4 stadium. Stadium ini yang membantu dokter untuk mendiagnosa dan menentukan perawatan pengobatan. Berikut penjelasan singkatnya.

Stadium 1: Di sini kulit tidak pecah tapi warnanya sudah berubah. Area yang mengalami dekubitus bisa terlihat kemerahan pada orang yang kulitnya putih. Tapi bisa juga berwarna biru ke ungu jika memiliki kulit yang lebih gelap. Contohnya, jika Anda memiliki kulit yang lebih terang, luka bisa berubah menjadi merah dan bukannya menjadi lebih terang saat ditekan. Luka akan tetap merah setidaknya selama 30 menit, terasa hangat saat disentuh, tampak bengkak, sakit, gatal dan rasanya seperti terbakar.

Stadium 2: Luka pada kulit menunjukkan luka yang bisa mengeluarkan nanah. Luka juga mungkin terlihat seperti lepuh berisi cairan. Ini mempengaruhi lapisan kulit pertama (epidermis) dan bisa juga sampai ke lapisan kedua (dermis). Luka terasa sakit, dan kulit di sekitarnya kemungkinan bisa berubah warna. Dekubitus stadium 1 dan 2 biasanya tidak memerlukan pembedahan, tetapi jika sudah mencapai di stadium 3 dan 4, bisa saja pasien butuh untuk dioperasi.

Stadium 3: Luka lebih di dalam kulit, mempengaruhi lapisan lemak. Bahkan membuat pasien tidak dapat melihat tulang atau tendon. Luka terlihat seperti bentuk kawah dan bisa berbau busuk.

Stadium 4: Ulkus ini sangat dalam dan mempengaruhi banyak lapisan jaringan, mungkin termasuk tulang. Ada banyak jaringan mati dan nanah, di tahap ini infeksi kemungkinan besar bisa dan sudah terjadi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini