Share

Dokter Paru Prediksi Kasus Varian BA.4 dan BA.5 Bisa Tembus Hingga 20 Ribu

Kevi Laras, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 481 2617112 dokter-paru-prediksi-kasus-varian-ba-4-dan-ba-5-bisa-tembus-hingga-20-ribu-f9eDdQyda4.JPG Covid-19 (Foto: Freepik)

ANGKA kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan secara signifikan. Jumlah kasus saat puncak nanti diprediksikan bisa mencapai sekitar sepertiga dari 60.000 kasus.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr. Erlina Burhan, SpP(K).

"Kemungkinan angka tertinggi kita adalah sepertiga dari 60.000, jadi sekitar 20.000," ujar dr.Erlina dalam webinar Omicron Subvarian BA.4 dan BA.5, Kamis (23/6/2022)

Capaian angka tersebut, menurutnya jika belajar melihat dari negara lain yaitu Afrika Selatan dan Inggris.

Dokter Erlina menegaskan subvarian BA.4 dan BA.5 diklaim lebih menular, dibandingkan varian Delta (BA.1) dan Omicron (BA.2). Ditambah kemampuan bisa menghindar dari kekebalan tubuh (imunitas), yang jadi karakter dari subvarian BA.4 dan BA.5.

"Jadi memang dikatakan bahwa BA.4 dan BA.5 memiliki kemungkinan menular lebih cepat dibandingkan BA.2,” katanya lagi.

Kabar baiknya, tingkat keparahan dari kedua varian ini adalah tidak separah varian sebelumnya, varian Delta yang mengakibatkan hantaman gelombang kedua ‘second wave’ di banyak negara termasuk Indonesia.

" Maka kita juga beruntung bahwa tingkat keparahannya, di bawah Delta tetapi (BA.4 dan BA.5) punya kemampuan lolos dari perlindungan dari kekebalan tubuh atau ascape immunity," pungkas dr. Erlina

Sebagai informasi, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengungkap bila berdasarkan pantauan, pemerintah memprediksikan gelombang varian BA.4 dan BA.5 akan terjadi pada pertengahan Juli mendatang.

"Berdasarkan pantauan kami, umumnya puncak varian BA.4 dan BA.5 itu satu bulan setelah penemuan kasus pertama. Jadi sekitar minggu ketiga Juli, kita akan lihat puncak kasus BA.4 dan BA.5 ini," kata Menkes Budi belum lama ini.

BACA JUGA:Terungkap! Varian BA.4 dan BA.5 Ternyata Cucu Omicron Versi Awal

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini