Share

Rima Melati Sempat Mengalami Dekubitus, Bagaimana Cara Perawatannya?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 06:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 481 2617113 rima-melati-sempat-mengalami-dekubitus-bagaimana-cara-perawatannya-1zltdElLOc.jpg Rima Melati sempat alami dekubitus (Foto: Go spot)

KABAR sedih datang dari artis senior Rima Melati. Ia menghembuskan napas pada Kamis (23/6/2022) kemarin. Keluarga dan rekan artis turut berduka cita.

Kabar duka ini dari unggahan Insta Story sang menantu, Marissa Tumbuan. Ia mengabarkan sang ibu mertua mengembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Subroto.

 rima melati

Sebelum meninggal, sang artis sempat sakit dekubitus. Penyakit dekubitus ini sering menyerang penderita diabetes, sakit lumpuh, atau pasien yang terlalu banyak berbaring.

Seperti dikutip Healthline, penderita dekubitus mengalami gejala seperti perubahan warna kulit, rasa sakit, gatal, atau terbakar di daerah yang terkena. Gejala lainnya, kulit jadi terbuka, kulit yang lebih lembut atau lebih kencang dari kulit di sekitarnya juga nekrosis.

 BACA JUGA:Rima Melati Alami Dekubitus Sebelum Meninggal, Ini 7 Komplikasi Akibat Luka Baring

Lalu bagaimana cara merawat dekubitus?

Cara merawat dekubitus tergantung dengan stadiumnya. Seperti dilansir dari Woundsource, perawatannya sebagai berikut.

Bersihkan luka atau borok dengan pembersih, kemudian diobati. Lalu membalut luka dengan pembalut yang bersih. Selain itu sebaiknya pembalut luka sering diganti.

Kemudian, kurangi tekanan pada luka dekubitus dengan sering-sering mengganti posisi badan.

Selain itu dalam merawat dekubitus juga bisa memakai obat antibakteri untuk mengobati infeksi, memakai obat pereda nyeri untuk meredakan ketidaknyamanan atau nyeri.

Jika mendesak, maka perlu operasi untuk mengangkat jaringan mati dari borok. Pasien juga wajib melakukan perubahan pola makan dan peningkatan asupan cairan untuk pemulihan yang lebih cepat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini