Share

Rutin Pakai Retinol Setiap Hari, Amankah?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 611 2616790 rutin-pakai-retinol-setiap-hari-amankah-OgHsioBZRg.JPG Pemakaian retinol (Foto: Freepik)

RETINOL menjadi salah satu 'senjata' skincare paling banyak digandrungi para beauty enthusiast. Retinol dianggap sebagai ‘holy grail’ dalam dunia perawatan kulit wajah saat ini.

Tidak hanya dianggap cukup ampuh melawan penuaan, retinol juga dipercaya mengatasi jerawat bahkan menyamarkan noda hitam, dan membuat kulit wajah jadi bersih dan cerah. Retinol sendiri mengandung retinoid yang merupakan turunan dari vitamin A.

"Retinol adalah zat tidak aktif, tapi ketika diaplikasikan pada kulit, retinol menjadi aktif," terang dr. Joshua Zeichner dari Mount Sinai Medical Center, dikutip dari Prevention, Kamis (23/6/2022).

Setelah diaplikasikan di kulit, retinol menjadi asam retinoat. Adanya proses konversi inilah yang membuat efek dari retinol tidak bisa langsung terlihat, namun perlahan memperlihatkan hasil baik di kulit wajah.

“Ini bukan berarti retinol tidak sebaik retinoid yang memang bisa terlihat hasilnya segera. Penggunaan retinol harus rutin untuk melihat hasilnya," tambah dr. Melanie Palm, dokter kulit di Scripps Encinitas Memorial Hospital.

Nah, bicara manfaat, retinol dinilai memang sangat baik untuk perawatan anti-aging karena bisa merangsang pertumbuhan kolagen dalam kulit. Sehingga kulit wajah jadi kenyal, tak mengendur, dan tampak lebih awet muda.

"Saat retinol mengikat reseptor retinoid pada kulit, ini meningkatkan pergantian sel dan merangsang produksi kolagen kulit," kata dr.Zeichner

Dengan begitu, retinol yang dipakai akan memberi efek memperbaiki garis-garis halus di wajah, memperbaiki tekstur kulit wajah, bahkan memberi kesan kulit wajah yang halus.

Punya banyak manfaat di dalamnya, lalu apakah kemudian retinol boleh dipakai setiap hari?

Dokter kulit di Montgomery Dermatology, dr. Erum Ilyas, merekomendasikan retinol ini untuk dipakai dalam step perawatan skincare di malam hari.

"Retinol adalah 'permainan panjang'. Artinya, butuh waktu yang lama untuk kemudian retinol bisa memberi manfaat ke kulit. Penggunaan retinol sebagai skincare malam, bisa memberi efek yang lebih baik," katanya.

Manfaat dari pemakaian retinol dalam skincare, ditambahkan Nikita Wiradiputri dari Dear Me Beauty bisa semakin maksimal dengan dipasangkan bersama pelembap atau moisturizer.

"Kandungan retinol yang terkenal sangat baik untuk kulit akan lebih maksimal lagi jika dipadukan dengan moisturizer yang mampu memberikan kelembapan dan hidrasi secara ekstra ke lapisan kulit terdalam," kata Nikita, mengutip siaran keterangan tertulis.

Dengan kandungan retinol yang stabil, lembut, dan aman, sambung Nikita, pelembap yang diformulasikan dengan retinol HPR Retinoate 2 persen.

"Bahkan, pelembap retinol seperti itu juga aman dipakai mulai dari usia 12 tahun apabila mengalami masalah jerawat akut atau memerlukan perawatan jerawat yang lebih intensif," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini