Share

Mengenal Pekerjaan Kurator, Harus Bebas Intervensi

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 23:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 612 2617197 mengenal-pekerjaan-kurator-harus-bebas-intervensi-SCQ3vt5N0C.jpg Kurator wajib independen (Foto: Istock)

Banyak orang yang belum mengenal pekerjaan kurator kepailitan. Nah, salah satu tugas kurator adalah mengamankan aset pailit.

Kurator juga akan bertanggung jawab penuh terhadap kesalahan yang terjadi dalam pengurusan aset tersebut. Makanya mereka wajib bersikap profesional dan independen.

 kurator

Pasangan calon ketua umum dan sekjen Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) untuk periode 2022-2025, Yudhi Wibhisana dan Andreas Nahot Silitonga (Yudhi-Nahot) menjelaskan bagaimana kurator yang baik.

"Buat saya, seorang kurator, Ketum AKPI wajib bersikap independen, sehingga dia tidak tergantung terhadap kehendak-kehendak dari patronnya, dari orang lain, dari siapapun yang dianggap sebagai seseorang yang justru memiliki kelebihan dalam hal power, kemampuan finansial, dan lain-lain," ujar Yudhi Wibhisana.

Sehingga, lanjut Yudhi, kedepan akan terbebas dari kemungkinan intervensi pihak lain dalam melaksanakan berbagai tugas kurator maupun di organisasi.

Ia juga meminta agar AKPI terbebas dari kepentingan politik, tidak ada urusan-urusan dengan organisasi lain di luar AKPI yang bergerak di bidang kurasi.

Yudhi juga berharap Nahot Silitonga lebih memperkuat lagi soliditas dan perlindungan anggota AKPI dari hal-hal yang mungkin menyulitkan sebagai kurator.

"Sebagaimana diketahui, banyak sekali munculnya gugatan, laporan pidana kepada kurator hanya sekedar untuk menghalangi atau menghambat kerja-kerja kurator dalam profesinya. Nah ini, saya berharap sekali kita bisa bersinergi dengan seluruh sumber daya yang kita miliki," pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini