Share

Sebelum Meninggal Rima Melati Alami Gagal Jantung, Apa Gejalanya?

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 24 Juni 2022 09:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 24 481 2617305 sebelum-meninggal-rima-melati-alami-gagal-jantung-apa-gejalanya-zWMC9tQVzn.jpg Rima Melati semasa hidup (Foto:Sindo)

ARTIS senior Rima Melati sebelum meninggal dunia ternyata bukan saja mengalami dekubitus, ia ternyata juga mengalami gagal jantung.

Memang penyakit jantung merupakan salah satu dari penyakit mematikan selama ini. Lalu apa saja gejala gagal jantung?

 Rima Melati

Ketua Pokja Gagal Jantung dan Kardiometabolik Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PP PERKI), dr. Siti Elkana Nauli, SpJP(K), FIHA, FAsCC, FHFA mengatakan, saat kemampuan jantung memompa darah berkurang maka pasien tidak bisa mendapatkan oksigen untuk jaringan dan organ sehingga mengeluhkan mudah lelah.

Lalu, karena kapasitas jantung untuk menerima darah berkurang akibat peningkatan tekanan pada jantung yang mengalami kegagalan tersebut, maka akan menyebabkan penumpukan cairan di berbagai organ seperti paru-paru, hati, perut, ginjal dan bila sudah berat di kaki dan paha.

Menurut Dokter Siti, terjadinya penumpukan cairan di kaki menandakan pasien sudah sangat terlambat meminta pertolongan akibat kondisi gagal jantungnya.

"Bila mudah lelah dan sesak napas bertambah artinya penumpukan cairan yang timbul di rongga paru sudah terjadi sedemikian banyaknya," tuturnya seperti dilansir dari Antara.

 BACA JUGA:Anak Ungkap Penyebab Rima Melati Meninggal Dunia, Infeksi hingga Penyakit Ginjal

Dokter Siti menjelaskan gejala gagal jantung antara lain pasien mudah lelah, sesak napas terutama saat istirahat dan beraktivitas. Selain itu, pada waktu tidur umumnya pasien membutuhkan bantal lebih dari satu.

Sebagian pasien bahkan memilih tidur dengan posisi duduk, merasa tidak selera makan, minum dan makan sedikit sudah kenyang karena ada penumpukan cairan di saluran cerna. Pada kondisi lanjut, sudah timbul bengkak bukan hanya di perut tetapi juga di kedua kaki.

Kemudian, ada juga beberapa tanda yang kadang tak disadari seperti mudah pusing karena gangguan di sirkulasi otak akibat pompa jantung lemah atau tidak sampai darah ke otak dengan baik dan pasien sering terbangun tengah malam karena merasa sesak seperti tenggelam. Pada beberapa kondisi, muncul batuk kering yang tidak bisa diobati dengan obat batuk yang selama ini dikonsumsi.

Dokter Siti mengatakan, kondisi gagal jantung bisa berhubungan dengan beberapa kondisi lain yang juga berkaitan seperti gagal sirkulasi sehingga pasien lemas, ujung tangan dan kaki terasa dingin, gagal ginjal, stroke, aritmia atau gangguan irama jantung dan kasus paling banyak sebagai penyebab kematian pada gagal jantung yakni kematian mendadak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini